Berikut Data & Fakta Menarik Gelaran French Open Pekan Ini

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 05 Mar 2024, 20:15 WIB
Berikut Data & Fakta Menarik Gelaran French Open Pekan Ini

Xie Xinfang-Carolina Marin/[Foto:BWF]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Simak beberapa fakta menarik YONEX French Open 2024 saat Adidas Arena, venue Olimpiade Paris 2024, menyambut turnamen World Tour Super 750.

Dengan unggulan di setiap kategori, China kembali mempunyai peluang terbaik untuk lolos setelah melakukannya pada tahun 1989 dan 2002.

Jika meraih kejayaan, ganda putri unggulan keempat Liu Sheng Shu/Tan Ning dan ganda campuran unggulan kelima Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin akan menjadi pasangan perdananya China yang meraih gelar berturut-turut dalam sejarah French Open.

Jiang/Wei juga akan menjadi juara ganda campuran pertama berturut-turut sejak Eddy Choong/Queenie Webber pada tahun 1952. Ini adalah departemen terlama yang tidak melihat juara bertahan mempertahankan gelarnya.

Jika tidak, Zheng Si Wei bisa menyamai Sir George Thomas yang legendaris sebagai pemain pria tersukses dalam disiplin ini dengan gelar keempatnya.

Chen Qing Chen menjadi pemain terakhir yang mengantongi dua mahkota di edisi yang sama (ganda putri dan ganda campuran pada tahun 2016). Seo Seung Jae, unggulan ketiga ganda putra dan ganda campuran, bisa menirunya.

Unggulan kelima tunggal putri Carolina Marin adalah satu -satunya pemain Spanyol yang meraih kemenangan di tanah Prancis (2015).

Tuan rumah Prancis belum meraih kesuksesan sejak Pi Hong Yan (tunggal putri), Elodie Eymard/Weny Rahmawati (ganda putri) dan Nabil Lasmari (ganda campuran bersama Eny Widiowati dari Indonesia) menang pada 2005. Pi juga menjadi pemain terbaru di kategorinya yang memenangkan tiga gelar (2003-2005).

He Bing Jiao, pemenang tahun 2016 dan 2022, berdiri untuk mengikuti jejaknya.

Tunggal putri yang diunggulkan Gregoria Mariska Tunjung menjadi unggulan ketujuh merupakan ajang yang belum pernah dirayakan Indonesia sebagai juara .

Mempertahankan gelar tersebut akan membuat Jonatan Christie menjadi orang Indonesia kedua setelah Ferry Sonneville (1957, 1960) yang membawa pulang gelar tunggal putra lebih dari satu kali .

Thailand sedang mengalami kekeringan , belum pernah merasakan kejayaan setelah tahun 2010, ketika pasangan ganda putri Duanganong Aroonkesorn / Kunchala Voravichitchaikul dan pasangan campuran Sudket Prapakamol / Saralee Thoungthongkam tampil sebagai pemenang. Mereka punya unggulan di tunggal putra dan ganda campuran kali ini. Namun kemenangan tunggal putra mereka terjadi 62 tahun lalu melalui Charoen Wattanasin .

Penantian terlama Jepang ada di ganda putra ; satu-satunya kemenangan mereka pada tahun 2000 berkat Keita Masuda/Tadashi Otsuka. Unggulan keenam Takuro Hoki/Yugo Kobayashi menjadi harapan terbaik mereka untuk meraih podium teratas.

Setelah mengakhiri penantian gelar HSBC BWF World Tour di Denmark Open tahun lalu, Aaron Chia/Soh Wooi Yik kini berharap menjadi pasangan ganda putra pertama dari Malaysia dalam 20 tahun (Gan Teik Chai/Koo Kien Keat pada 2004) yang menjuarai French Open .

Statistik Menonjol: Enam edisi terakhir telah menyaksikan pemenang ganda putra dari enam pasangan berbeda .

Artikel Tag: French Open 2024, gregoria mariska, carolina marin, BWF

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/berikut-data-fakta-menarik-gelaran-french-open-pekan-ini
543  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini