Begini Sosok Seorang Tontowi Ahmad Menurut Liliyana Natsir

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 22 Mei 2020, 16:30 WIB
Begini Sosok Seorang Tontowi Ahmad Menurut Liliyana Natsir

Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir adalah salah satu pasangan ganda campuran yang paling sukses yang pernah dimiliki Indonesia. Berbagai gelar bergengsi banyak diraih oleh pasangan itu dalam delapan tahun kebersamaan mereka.

Liliyana Natsir lebih dulu pensiun dari bulu tangkis pada awal tahun lalu yang membuat Tontowi harus dipasangkan dengan juniornya, Winny Oktavina Kandow.

Selama berpasangan dengan Winny, tak banyak pencapaian yang mereka hasilkan dan gagal memenuhi ekspektasi untuk memesan salah satu tempat di Olimpiade Tokyo, tak seperti pasangan lainnya yang sudah mapan seperti Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja dan juga Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Memasuki awal 2020, Tontowi sempat dipasangkan dengan Apriyani Rahayu sebelum pandemi Covid-19 membuat seluruh turnamen internasional terhenti.

Merasa tak bisa melangkah lebih jauh, Tontowi memutuskan menyudahi karirnya menyusul Liliyana pensiun pada pekan lalu dalam usia 32 tahun.

Selama berpasangan dengan Liliyana, Tontowi banyak meraih gelar prestisius seperti hattrick All England hingga yang paling fenomenal adalah medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu.

Menurut Liliyana, tak mudah menyatukan mereka berdua, apalagi Ia yang keturunan orang Timur lebih tempramental tak seperti Tontowi yang berasal dari Jawa Tengah.

Liliyana mengakui bahwa Owi (panggilan Tontowi Ahmad) adalah pemain yang sangat sabar mampu mengontrol emosi meskipun terkadang Liliyana sering marah di lapangan.

"Owi (Tontowi) itu sabar. Mungkin selama pasangan sama dia, saya tempramental tapi dalam arti positif, saya nggak mau kalah. Saya terbawa suasana kalau (pukulan) dia nyangkut atau apa, saya menunjukkan ekspresi kecewa," kata Liliyana.

"Nah Owi selama ini bisa sabar, dia sudah paham, cik Butet nggak maksud kayak gitu, spontan aja karena sama-sama pengin menang. Mungkin nggak semua atlet dan partner bisa seperti Owi yang bisa nyesuain dengan keadaan," lanjutnya.

Pasangan emas Olimpiade kini sudah pensiun, dan waktunya bagi para juniornya untuk mencoba mempertahankan emas yang Tontowi/Liliyana raih empat tahun lalu di Olimpiade Tokyo yang ditunda pada tahun depan.

Artikel Tag: Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir, Winny Oktavina Kandow, PBSI

439  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini