Badminton Turki Rayakan Ulang Tahun Yang ke-30

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 01 Jun 2021, 15:30 WIB
Badminton Turki Rayakan Ulang Tahun Yang ke-30

Badminton Turki/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton : Badminton Turki telah mencapai tonggak penting dan merayakan ulang tahun tiga puluh tahun ini. Negara ini telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dan menantikan masa depan yang cerah.

Didirikan pada 31 Mei 1991, kemudian pada tahun itu Federasi Badminton Turki (TBF) bergabung dengan BWF (saat itu IBF) sebagai anggota ke-104. Tahun berikutnya mereka berafiliasi sebagai anggota penuh Badminton Europe pada 1 Mei 1992. Selama 30 tahun ini, Turki telah membuat jejak mereka di bulu tangkis Eropa.

Turki berpartisipasi untuk pertama kalinya di Olimpiade pada tahun 2012 dengan Neslihan Yiğit pada usia 18 tahun. Tahun ini, Yiğit membawa pulang perunggu dari Kejuaraan Eropa 2021, yang kedua setelah Özge Bayrak pada 2014. Bersama-sama, Yiğit dan Bayrak memenangkan perunggu ganda putri di European Games 2015.

Sejak 2004, Murat zmekik telah menjadi presiden federasi. Pada tahun 2014, Bapak Özmekik terpilih sebagai Wakil Presiden Bulu Tangkis Eropa dan sangat bangga dengan pencapaian negaranya di dunia bulu tangkis.

"Dalam 30 tahun ini, kami menyebarkan bulu tangkis ke 81 provinsi di Turki. Kami memproduksi peralatan bulu tangkis dan mengirimkannya ke sekolah, proyek akar rumput, pemain nasional dan lebih dari 10 proyek tanggung jawab sosial yang berbeda. Kami adalah satu-satunya federasi di dunia yang menjual peralatan ini dari toko olahraga TBF."

"Kami juga bangga bahwa kami adalah satu-satunya federasi yang mendukung para pelatih dengan biaya sesi sebagai penghasilan tambahan. Dengan 20.000 pelatih, kami berada di posisi kedua dari semua federasi olahraga di Turki. Dalam hal proyek tanggung jawab sosial, kami adalah nomor satu di Turki," ungkapnya.

Presiden pertama Turki adalah Mr rfan Yıldırım, diikuti oleh Mr Akın Taşkent dan setelahnya Mr Faik mamoğlu, yang sayangnya meninggal 10 tahun yang lalu. Presiden saat ini Murat zmekik mengucapkan terima kasih kepada mereka semua atas pengabdian mereka pada Badminton Turki.

Masa depan yang cerah

Turki telah banyak berinvestasi pada generasi muda. Pada tahun 1997, Kejuaraan Beregu Eropa U17 (Piala Polonia) keenam dengan rekor masuk 21 tim digelar di Istanbul, Turki. Kejuaraan Junior Eropa 2013 berlangsung di Ankara, Turki. Kejuaraan ini menampilkan medali perunggu untuk Neslihan Yiğit dan Busenur Korkmaz/ zge Toyran, pemain yang baru pertama kali mengambil raket di akhir tahun sembilan puluhan ketika Turki menjadi tuan rumah acara pertama mereka. Mereka mengikuti kesuksesan medali perunggu Emre Lale dan Özge Bayrak. Muhammed Ali Kurt dan Aliye Demirbağ mengulangi kemenangan medali perunggu ganda pada tahun 2015.

Turki mendapatkan emas junior mereka pada tahun 2018 dengan Bengisu Erçetin / Nazlıcan İnci di ganda putri. Ece Sare Başakın/ Zehra Erdem juga naik podium dengan perunggu.

"Kami mengambil banyak kekuatan dari masa lalu kami dan berjalan maju dengan dukungan para pemain, pelatih, wasit kami dan dengan semua penggemar, dengan percaya diri ke masa depan," kata Sekretaris Jenderal Federasi Badminton Turki, Isa Ayan.

"Di ibu kota, Ankara, di Pusat Bulutangkis Olimpiade kami, salah satu dari sedikit di dunia, kami sedang mempersiapkan pencapaian baru. Saya sangat bangga menjadi bagian dari komunitas besar ini dan melayani sebagai Sekretaris Jenderal. Saya berharap Federasi kita akan hidup selama bertahun-tahun yang akan datang," tegasnya.

Artikel Tag: Badminton Turki, Yeslihan Yigit

448  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini