Badminton Eropa Kenang Legenda Denmark dan Presiden BWF, Poul Erik Hoyer

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 16 Apr 2021, 15:30 WIB
Badminton Eropa Kenang Legenda Denmark Yang Juga Presiden BWF, Poul Erik Hoyer

Poul Erik Hoyer/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton : Poul Erik Hoyer akan selamanya dikenang sebagai orang Eropa pertama yang memenangkan medali emas Olimpiade, namun, treble-nya di Kejuaraan Eropa membuka jalan menuju kejayaan.

Poul Erik Hoyer lahir pada tahun 1965 di Helsinge, sebuah kota kecil di utara Kopenhagen. Pasti ada sesuatu di air di Helsinge pada tahun 1965, karena pengendara sepeda Rolf Sørensen juga lahir di kota itu pada tahun itu juga. Sørensen memenangkan medali perak di Individual Road Race di Olimpiade Atlanta 1996. Di Olimpiade yang sama, Høyer memenangkan emas di tunggal putra, mengalahkan unggulan ketiga Dong Jiong dari China, 15-12, 15-10.

Menjelang Kejuaraan Eropa 2021 di Kyiv, pemai kidal Denmark yang bergaya, bersama dengan Flemming Delfs, masih memegang rekor jumlah gelar tunggal putra berturut-turut dengan tiga gelar. Tiga gelar utama inilah yang membuat Høyer tetap di jalur menuju kesuksesan Olimpiade itu.

Hanya satu orang Eropa lain yang mencapai ketinggian Olimpiade serupa, dan itu adalah Carolina Marin, yang memenangkan gelar Eropa ganda dalam perjalanannya ke emas di Rio 2016. Itulah mengapa bijaksana untuk melihat dari dekat podium teratas Eropa tahun ini.

Menyelesaikan hattrick

Poul Erik Hoyer memenangkan Kejuaraan Eropa 1992 dan 1994 di Skotlandia dan Belanda. Pada tahun 1995, ia harus puas dengan perunggu di Kejuaraan Dunia di Lausanne, Swiss, melawan Hariyanto Arbi asal Indonesia yang akhirnya keluar sebagai juara.

Pada usia 30 tahun, dia masih lapar akan lebih dan melakukan perjalanan jarak pendek ke Herning, Denmark, untuk Kejuaraan Eropa 1996, berusaha menyelesaikan hattrick gelar dan membuat pernyataan di tahun Olimpiade. Menavigasi jalannya dengan aman ke final, dia bertemu rekan pelatihannya, pemain kidal berbakat lainnya, Peter Rasmussen. Pada sembilan tahun lebih muda, final dipandang sebagai pengalaman vs pemuda. Keduanya bertemu di satu-satunya final senior Rasmussen hingga saat ini di Dutch Open 1994.

Poul Erik Hoyer mencetak kemenangan dominan saat itu dan memiliki keunggulan signifikan pada pertandingan pertama di final Kejuaraan Eropa, menang 15-5. Rasmussen kembali kuat pada set kedua dan memimpin 11-10 ketika serangkaian kesalahan sendiri oleh Rasmussen yang agresif membuat Høyer memimpin dan kemudian permainan pada 15-11.

Bulu tangkis Denmark merayakan yang pertama di Kejuaraan Eropa saat para pemain Denmark mengamankan sapuan bersih di semua kategori di kandang sendiri. Sampai hari ini, ini adalah satu-satunya saat hal ini terjadi.

Poul Erik Hoyer menjadi Presiden Bulutangkis Eropa pada tahun 2010. Pada tahun 2007, ia dinominasikan sebagai Wakil Presiden dari Danmarks Badminton Forbund dan pada tahun 2013 Høyer terpilih sebagai Presiden Federasi Badminton Dunia (BWF) hingga sekarang.

Kejuaraan Eropa 2021 akan berlangsung di Kyiv, Ukraina pada 27 April hingga 2 Mei mendatang.

Artikel Tag: Poul Erik Hoyer, BWF, Badminton Eropa, Kejuaraan Eropa 2021

774  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini