Badminton Eropa Kenang Legenda Bulu Tangkis Inggris, Gillian Gilks

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 13 Apr 2021, 15:30 WIB
Badminton Eropa Kenang Legenda Bulu Tangkis Inggris, Gillian Gilks

Gillian Gilks/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton : Dengan hanya tinggal dua minggu hingga Kejuaraan Eropa 2021, cara apa yang lebih baik untuk mempersiapkan diri selain terjun ke dalam karier luar biasa dari pemain yang duduk di puncak tabel medali sepanjang masa. Gillian Gilks ​​(née Perrin) lahir pada tanggal 20 Juni 1950, di London, Inggris. Bakat bulutangkisnya terlihat jelas sejak awal. Pada usia 14 tahun, ia telah memenangkan gelar U15 dan U18 All England Junior.

Gelar senior All England pertamanya adalah di ganda campuran dengan Rogers Mills pada usia 18 tahun. Dikenal karena kesuksesannya di tiga kategori yakni tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran. Pada tahun 1976 Gilks ​​berhasil merebut gelar triple di All England dan tetap menjadi pemain terakhir yang mencapai ini.

Gillian Gilks ​​juga membuat tanda abadi di panggung Eropa, membuat penampilan pertamanya di kedua final ganda di Kejuaraan Eropa pertama pada tahun 1968 ketika dia baru berusia 18 tahun. Dia kemudian akan mengumpulkan total 12 gelar di Kejuaraan Eropa dari 1972 hingga 1986, memenangkan medali emas di Swedia, Austria, Irlandia, Jerman dan Inggris. Di tempat kedua di tabel medali adalah Kamilla Rytter Juhl dengan total tujuh gelar.

Olimpiade

Gillian Gilks ​​dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dunia pada masanya, memenangkan medali perak dan perunggu di Kejuaraan Dunia. Namun, emas itu menghindarinya. Dengan masuknya bulu tangkis pertama di Olimpiade pada tahun 1992, bulu tangkis pertama kali diadakan sebagai olahraga demonstrasi di Olimpiade 1972 di Munich.

Baru saja memenangkan ganda putri dan emas ganda campuran di Kejuaraan Eropa 1972 di Karlskrona, Swedia, Gilks ​​mengamankan medali emas di ganda campuran dengan Derek Talbot. Di tunggal, ia kalah dari Noriko Nakayama dari Jepang di semifinal dengan selisih tipis 3-11, 11-8, 9-11.

Ketika ditanya tentang antisipasi luar biasa di lapangan, Gilks ​​menjawab.

"Di ganda campuran, persentase tembakan yang luar biasa dapat dipotong dari gawang jika saja Anda mengantisipasi dengan cerdas dan mencoba; asalkan selalu pasangan Anda siap untuk mendukung ketika Anda salah menebak dan bahwa Anda tidak terlalu berambisi jika itu terjadi pada hari libur."

Pengakuan global

Pada tahun 1976, Gilks ​​diangkat menjadi Anggota Ordo Kerajaan Inggris untuk jasanya dalam bulu tangkis. Pada tahun 1986, Gilks ​​dianugerahi IBF [sekarang disebut BWF] Penghargaan Layanan Terhormat dan dilantik ke dalam Hall of Fame IBF pada tahun 1999. Pada bulan April 2014, Gilks ​​dilantik ke dalam Badminton Europe Hall of Fame , menerima penghargaan bersama para pemain seperti Erland Kops, Lene Køppen, Morten Frost, Nora Perry, Peter Gade dan Mike Tredgett.

Kejuaraan Eropa 2021 akan berlangsung di Kyiv, Ukraina dari 27 April hingga 2 Mei mendatang .

Artikel Tag: Gillian Gilks, Badminton Eropa, Kejuaraan Eropa 2021, Inggris

1359  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini