Badminton Eropa Kenang Kemenangan Besar Marc Zwiebler di Kejuaraan Eropa

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 24 Apr 2021, 17:30 WIB
Badminton Eropa Kenang Kemenangan Besar Marc Zwiebler di Kejuaraan Eropa

Marc Zwiebler/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton : Dengan hari-hari tersisa hingga Kejuaraan Eropa 2021 di Kyiv, kita melihat kembali kemenangan gelar yang merupakan impian Marc Zwiebler dan Jerman.

Marc Zwiebler lahir di bekas ibu kota Jerman, Bonn, dan ekspektasi tinggi dari pemain kidal yang ditentukan ketika ia memenangkan Kejuaraan Junior Eropa 2003 di Esbjerg, Denmark, mengalahkan wakil Denmark, Rune Ulsing di lapangan rumahnya di final.

Menariknya, Zwiebler juga merupakan generasi emas di ganda campuran bersama Birgit Overzier (kemudian Michels), tapi tentu saja, fokus pada karir tunggal putra di level senior.

Pada 2012, pemain andalan Jerman itu telah mengumpulkan beberapa gelar dan pada 2011 mencapai semifinal All England Open, membawa Lin Dan ke tiga game pertandingan. Menjelang tahun Olimpiade, pemain berusia 28 tahun itu memainkan beberapa bulu tangkis terbaiknya. Kisah dua pemenang Karlskrona, Swedia adalah lokasi Kejuaraan Eropa 2012.

Seperti halnya di Kyiv, grup tunggal putra Denmark bersiap untuk tahun yang besar. Peter Gade adalah pemegang gelar dan unggulan nomor satu, diikuti oleh Jan Ø Jørgensen, dan Hans-Kristian Vittinghus. Marc Zwiebler berada di unggulan keempat. Ada dua kisah yang bisa diceritakan dari kategori tunggal putra pada tahun 2012.

Bermain di rumah, Henri Hurskainen dari Swedia memiliki performa yang menakjubkan yang bahkan mungkin tidak dapat dia impikan. Dia meraih kemenangan putaran kedua dalam tiga pertandingan melawan Lukas Schmidt dari Jerman, untuk kemudian mengungguli bintang ganda Rusia yang sekarang terkenal, Ivan Sozonov, untuk memesan tempat di perempat final. Kesempatan untuk memainkan Peter Gade di panggung ini di depan penonton tuan rumah sukses besar. Pertemuan mereka sebelumnya adalah kemenangan dominan oleh Gade, tetapi hari ini, sesuatu yang istimewa terjadi di lapangan. Di game penentuan, Hurskainen mampu mengumpulkan energi penonton dan menang 21-19.

Hurskainen kemudian bertemu dengan bakat muda Viktor Axelsen yang sedang naik daun di babak semifinal. Sekali lagi, keduanya bertemu di Jerman Open hanya beberapa bulan sebelumnya, dengan Axelsen menang hanya dalam 31 menit. Tapi kali ini bukan hanya Hurskainen di lapangan, tapi Hurskainen dan Swedia. Dalam lebih dari satu jam semangat bulutangkis yang luar biasa, Swedia telah membukukan tempat di final. Dongeng Jerman Sementara itu, Zwiebler mendapatkan momentum tidak hanya dari melihat benih-benih yang berjatuhan di paruh lain pengundian, tetapi juga dari penampilannya sendiri.

Zwiebler mengatasi tantangan kuat dari petenis Estonia Raul Must di babak ketiga dan kemudian secara efisien mengalahkan petenis Inggris Rajiv Ouseph di perempat final. Pertandingan mereka selalu ketat, jadi ini pertanda bagus untuk apa yang akan datang. Zwiebler menghadapi Jørgensen di semifinal. Bentuk masa lalu akan menganggap Zwiebler tidak dapat didukung. Dalam tiga pertandingan yang mereka mainkan dalam dua tahun sebelumnya, Jørgensen adalah pemenang yang nyaman. Di awal tahun di final Kejuaraan Beregu Putra Eropa di Amsterdam, petenis Denmark itu menang 21-11, 21-14. Namun, seperti yang ditunjukkan oleh Hurskainen, segala sesuatu mungkin terjadi. Zwiebler berhasil membalikkan keadaan dan menang 21-19, 21-15.

Dua orang kidal yang sedang merobek buku formulir bertemu di final. Selesaikan pekerjaan Zwiebler dikenal karena pendekatannya yang 'seperti bisnis' terhadap bulu tangkis, dan dia menyelesaikan pekerjaannya di final itu, menang 21-15 dan 21-13 melawan pemain Swedia yang tidak punya apa-apa lagi untuk diberikan setelah lari yang tak terlupakan.

Marc Zwiebler mencetak emas untuk Jerman, mematahkan 10 gelar juara Denmark yang dimulai pada tahun 1992. Akankah kita mendapatkan kejutan serupa tahun ini? Kejuaraan Eropa 2021 akan berlangsung di Kyiv, Ukraina dari 27 April hingga 2 Mei?

Artikel Tag: Marc Zwiebler, Badminton Eropa, Kejuaraan Eropa 2021

713  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini