Ambisi Besar Hendra Setiawan Bawa Pulang Emas Olimpiade Paris 2024

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 30 Jun 2022, 11:30 WIB
Ambisi Hendra Setiawan Bawa Pulang Emas Olimpiade Paris 2024

Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pemain veteran Indonesia spesialsi ganda putra, Hendra Setiawan memiliki keinginan untuk mencoba suatu prestasi yang belum pernah dilakukan oleh pemain sebelumnya, yaitu untuk memenangkan emas Olimpiade setelah selang 16 tahun di Olimpiade Paris 2024 dengan Mohammad Ahsan.

Hendra Setiawan, 37 tahun, memenangkan emas ganda putra dengan mendiang Markis Kido di Olimpiade Beijing 2008 tetapi gagal mempertahankan gelar di Olimpiade London 2012 setelah Markus mengundurkan diri dari acara tersebut karena alasan pribadi.

Hal ini mendorong Hendra untuk mencari pasangan baru dalam diri Ahsan dan keduanya telah memenangkan tiga gelar juara dunia (2013, 2015 dan 2019) tetapi kembali dengan tangan kosong dari Olimpiade Rio 2016 dan Olimpiade Tokyo tahun lalu.

Meski demikian, Hendra Setiawan belum menyerah untuk mengejar kejayaan Olimpiade dan tetap optimistis lolos ke Olimpiade 2024. Dia akan berusia 39 tahun sementara Ahsan 36 tahun.

“Usia tidak berpihak pada kami dan ada begitu banyak pasangan muda yang lebih cepat dan lebih kuat secara fisik sekarang. Tapi kami punya pengalaman yang bisa diandalkan dan saya ingin bermain di Olimpiade untuk terakhir kalinya pada 2024,” kata Hendra usai mencapai putaran kedua Malaysia Open.

Pasangan peringkat 3 dunia, Hendra/Ahsan dipaksa bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan pasangan China, Ren Xiangyu/Tan Qiang 17-21, 21-15 dan 21-14 dalam waktu 50 menit. Mereka akan bertemu pasangan China lainnya He Jiting/Zhao Haodong hari ini.

“Indonesia memiliki beberapa pasangan yang juga tampil bagus dan kami berharap diberi kesempatan oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) untuk bermain di Paris,” katanya.

“Tentu saja, emas adalah tujuan semua orang dan kami akan mencobanya dan setidaknya kembali dengan medali.”

Perunggu di Tokyo gagal diraih Hendra dan Ahsan saat kalah oleh pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik di babak playoff.

Sebuah medali itu sendiri akan menjadi pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya karena tidak ada pemain yang berhasil memenangkan medali setelah selang waktu 16 tahun.

Korea Selatan Kim Dong-moon, yang memenangkan ganda campuran dengan Gil Young-ah pada tahun 1996, mengamankan emas keduanya di Olimpiade Athena 2004 melalui ganda putra dengan Ha Tae-kwon. Itu tetap jarak terpanjang antara medali emas oleh seorang pebulu tangkis di Olimpiade.

Artikel Tag: hendra setiawan, mohammad ahsan, Olimpiade Paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/ambisi-besar-hendra-setiawan-bawa-pulang-emas-olimpiade-paris-2024
1012  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini