Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Talenta Ganda Putra Terbaik Dunia asal Malaysia

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 08 Sep 2022, 15:00 WIB
Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Talenta Ganda Putra Terbaik Dunia asal Malaysia

Aaron Chia-Soh Wooi Yik/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Aaron Chia / Soh Wooi Yik, nomor satu ganda putra Malaysia, menorehkan sejarah baru dalam karir mereka setelah menjadi juara dunia setelah mengalahkan Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan dari Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022. Jelas, kerja keras mereka telah terbayar. namun pasti masih banyak lagi yang akan datang.

Aaron Chia bergabung dengan tim nasional pada tahun 2015. Chia lahir di Batu Berendam, Malaysia pada 24 Februari 1997. Ketertarikannya pada bulu tangkis dimulai ketika ia baru berusia 4 tahun, di mana ia biasa mengikuti ayahnya ke lapangan bulu tangkis. Pada usia 14 tahun, ia terdaftar di Sekolah Olahraga Bukit Jalil (SSBJ) di mana ia mulai rajin melatih bulu tangkis.

Di sisi lain, pasangan bulu tangkisnya Soh Wooi Yik lahir pada 17 Februari 1998. Memang benar kata banyak orang, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Soh Wooi Yik adalah putra dari Soh Goon Chup, mantan pemain bulu tangkis Malaysia. Sama seperti Chia, Soh mulai menumbuhkan minat pada bulu tangkis ketika dia baru berusia 4 tahun. Dia mewakili Kuala Lumpur pada usia tujuh tahun. Ia juga terdaftar di Sekolah Olahraga Bukit Jalil (SSBJ) pada usia 13 tahun.

Kejuaraan Dunia Junior 2016 adalah turnamen pertama ketika mereka dipasangkan bersama. Sejak Chia dan Soh menjadi mitra bulu tangkis, mereka mampu merebut gelar yang berbeda selama bertahun-tahun. Pada 2019, mereka menjadi finalis All England Open dan peraih medali emas Southeast Asian Games. Bahkan, tahun 2019 juga merupakan tahun pertama mereka mendapatkan medali emas di SEA Games 2019 yang digelar di Filipina.

Kemudian, Pada tahun 2020, Chia dan Soh memenangkan medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. Ini adalah pertandingan olimpiade pertama Chia dan Soh. Meskipun ini adalah pertandingan olimpiade pertama mereka, mereka memastikan bahwa mereka memberikan pertandingan yang luar biasa. Kemudian, setelah dikalahkan oleh Marcus Fernaldi Gideon dari Indonesia dan Kevin Sanjaya Sukamuljo selama lebih dari delapan kali, Chia dan Yik meraih kemenangan bersejarah.

Saat ini, Aaron Chia dan Soh berada di peringkat 5 dunia. Mereka berdua menerima penghargaan Regional Crown Knight Star dari pemerintah Malaysia sebagai apresiasi telah mengharumkan nama bangsa atas prestasi yang mereka capai. Kami menantikan untuk melihat dua pemain yang luar biasa ini di turnamen yang akan datang!

Artikel Tag: Aaron Chia, Soh Wooi Yik, mohammad ahsan, hendra setiawan

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/aaron-chiasoh-wooi-yik-talenta-ganda-putra-terbaik-dunia-asal-malaysia
661  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini