Aaron Chia Kecewa Gagal Lolos ke BWF World Tour Finals 2021

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 29 Nov 2021, 16:30 WIB
Aaron Chia Kecewa Gagal Lolos ke BWF World Tour Finals 2021

Aaron Chia-Wooi Yik/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Direktur kepelatihan nasional Wong Choong Hann membela keputusan manajemen untuk menarik pasangan ganda teratas Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Hylo Open di Jerman bulan lalu. Ketidakhadiran mereka terbukti mahal karena pasangan nomor 6 dunia itu gagal lolos ke delapan besar untuk Final World Tour senilai US$1,5 juta (RM6,36 juta) atau berkisar 22,5 miliar rupiah.

Aaron/Wooi Yik finis kedelapan di klasemen Road to Bali setelah selesainya Indonesia Open, leg terakhir musim reguler, namun hanya tujuh pasangan teratas yang mendapatkan tiket mereka. Ini karena Lee Yang/Wang Chi-lin dari Taiwan memperoleh kualifikasi otomatis karena menjadi juara Olimpiade.

Aaron mengungkapkan kekecewaannya karena ditolak kesempatan untuk mengumpulkan poin di Jerman menambahkan bahwa itu bisa membuat perbedaan pada hasilnya.

“Kami seharusnya bermain di Jerman dan jika kami ambil bagian, kami bisa memiliki peluang yang lebih baik (untuk lolos),” kata Aaron kepada Astro Arena, Sabtu.

“BAM tidak masuk ke kami, kami tidak tahu alasannya. Kami diberitahu oleh direktur pelatih (Choong Hann) bahwa aturan BAM menyatakan bahwa pemain tidak diizinkan bermain dalam empat pertemuan berturut-turut. Oleh karena itu, kami tahu sejak saat itu upaya kami untuk lolos akan sulit.”

“Tidak perlu menang (menjadi juara) di Jerman tetapi kami bisa mengumpulkan poin yang cukup untuk meningkatkan peluang kami.”

Choong Hann membalas dengan menunjukkan bahwa pasangan itu memiliki banyak peluang sepanjang musim untuk lolos.

“Ya, BAM memiliki kebijakan yang membatasi semua pebulu tangkis nasional maksimal tiga turnamen berturut-turut,” katanya.

“Dalam hal ini, kami telah membuat rencana agar para pemain kami bisa beristirahat dengan baik dan pulih dengan baik untuk leg Indonesia setelah Prancis Terbuka (yang berlangsung di minggu ketiga setelah Final Piala Thomas-Uber dan Denmark Open).

“Kami telah memberi mereka banyak kesempatan. Faktanya, kami adalah salah satu tim yang mengikuti sebagian besar turnamen setelah Final Piala Thomas-Uber. Tidak adil menyalahkan manajemen. Ketika mereka memiliki kesempatan untuk pergi ke All England (pada bulan Maret setelah Swiss Open), mereka memilih untuk tidak melakukannya (karena kekhawatiran Covid-19). Mereka harus mengakuinya.”

Jika ada satu kesalahan yang membuat Choong Hann menyesalinya, itu adalah keputusannya untuk memberikan pengecualian bagi jagoan tunggal Lee Zii Jia untuk bersaing di Hylo Open.

“Kesalahan terbesar saya adalah bersikap lembut dan membiarkannya bermain. Saya tidak benar-benar mendorongnya tetapi anak itu sangat bertekad bahwa dia dapat menangani empat turnamen berturut-turut,” kata Choong Hann.

“Namun, dia membenarkannya dengan mencapai final (sebelum kalah dalam pertandingan melawan Loh Kean Yew dari Singapura karena cedera punggung) tetapi kami membayar harga yang mahal. Memang itu telah merugikan tubuhnya (mengakibatkan penampilan yang suram di Indonesia).”

Artikel Tag: Aaron Chia Hsin, Soh Wooi Yik, Indonesia Open 2021, BWF World Tour Finals 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/aaron-chia-kecewa-gagal-lolos-ke-bwf-world-tour-finals-2021
873  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini