Kanal

Tak Berniat Jadi Pelatih, Tan Boon Heong Tawarkan Sparing Partner ke BAM

Penulis: Yusuf Efendi
16 Nov 2022, 14:30 WIB

Tan Boon Heong/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Tan Boon Heong tidak berniat menjadi pelatih dalam waktu dekat, tetapi pemain ganda itu tidak keberatan melanjutkan sebagai sparring partner dengan departemen ganda nasional.

Tan Boon Heong, mantan peraih medali emas ganda putra peringkat 1 dunia dan Asian Games bersama Koo Kien Keat, telah menjawab panggilan mantan pelatihnya Rexy Mainaky untuk bertanding dengan pasangan ganda putri papan atas Pearly Tan-M. Thinaah.

Tawaran direktur kepelatihan ganda nasional itu tidak bisa ditolak Boon Heong dan itu juga dipandang sebagai kesempatan bagi pemain berusia 35 tahun itu untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya sebagai pemain.

Pengaturannya juga sangat fleksibel di mana Boon Heong dapat memutuskan sesi sparringnya dan pemain senang dengan pengaturan yang memberinya kebebasan untuk bekerja tanpa birokrasi.

“Saya tidak berniat menjadi pelatih tapi saya ingin menawarkan layanan saya sebagai sparring partner selama saya memiliki kebugaran untuk menyamai pemain nasional,” kata Boon Heong.

“Pelatihan adalah hal yang berbeda sama sekali karena Anda perlu membuat program dan harus merencanakan semuanya mulai dari pelatihan hingga turnamen. Saya lebih suka sparring dengan para pemain di mana saya dapat membantu mereka maju karena saya dapat memberi mereka tip dan taktik saat bermain,” ungkapnya.

“Jika pengetahuan dan pengalaman saya cukup berharga bagi para pemain, saya tidak keberatan berbagi tetapi saya tidak memaksakannya pada siapa pun.

“Pemain yang berbeda memiliki gaya dan pendekatan yang berbeda, jadi apa yang saya lakukan selama hari-hari saya bermain mungkin tidak cocok untuk beberapa orang.”

Tan Boon Heong juga menambahkan bahwa terlalu dini baginya untuk mengomentari level Pearly-Thinaah saat ini atau pasangan lain yang telah dia lawan karena sesi kemarin hanyalah yang ketiga bersama tim nasional.

Dia menjalani sesi pertamanya pada 15 Oktober sebelum partisipasi pemain nasional di Denmark dan French Open sedangkan sesi kedua minggu lalu.

“Saya hanya bisa mendapatkan tiga sesi sejauh ini dan terlalu dini untuk mengatakan apa pun tentang level mereka saat ini. Saya telah bertanding dengan ganda putra dan hari ini (kemarin), saya melakukan sesi singkat dengan Pearly dan Thinaah,” tambah Boon Heong, yang juga menjalankan akademinya sendiri (Akademi TBH) di Kuala Lumpur.

“Saya akan bergabung dengan mereka seminggu sekali tetapi jika waktu saya mengizinkan, saya tidak keberatan bertanding selama dua atau tiga hari seminggu.”

Rexy juga senang melihat pasukannya mendapat manfaat dari perdebatan dengan Boon Heong.

“Dia masih mendapatkan sentuhannya dan para pemain harus mendapatkan keuntungan dari sparing-nya dan juga belajar darinya. Ini juga baik bagi kami karena dia bisa menjadi mata ketiga kami dalam mengidentifikasi kekurangan para pemain dan memberikan umpan balik untuk membantu mereka berkembang,” kata Rexy.

“Dia diizinkan masuk untuk bertanding kapan pun dia bebas. Yang perlu dia lakukan hanyalah memberi tahu saya sehari sebelumnya sehingga kami dapat membuat rencana.”

Pengaturan tersebut telah berhasil dan Boon Heong terbukti menjadi alat lain untuk meningkatkan sektor ganda.

Artikel Tag: Tan Boon Heong, Aaron Chia, rexy mainaky

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru