Kanal

Petenis Ini Tak Senang Dengan Aturan Karantina Tak Jelas Di Australian Open

Penulis: Dian Megane
17 Jan 2021, 13:41 WIB

Yulia Putintseva

Berita Tenis: Akibat pandemi COVID-19, Australian Open musim 2021 menerapkan sejumlah peraturan ketat. Tetapi, tidak ada seorang pun yang mengetahui seberapa ketat peraturan tersebut sampai sejumlah insiden terjadi.

Para petenis dari dua penerbangan yang menuju Melbourne terpaksa harus dikarantina setelah beberapa penumpang dari penerbangan tersebut mendapatkan hasil tes positif untuk COVID-19. Para petenis di penerbangan tersebut pun tidak akan bisa berlatih selama dua pekan yang tentu bukan berita baik karena Grand Slam di Melbourne akan dimulai pada 8 Februari.

Setiap petenis yang dikarantina tentu tidak senang dengan keputusan tersebut dan mengekspresikan kekesalan mereka melalui Twitter. Salah satu petenis tersebut adalah petenis peringkat 28 dunia, Yulia Putintseva yang menyatakan bahwa ia tidak diinformasikan mengenai peraturan tersebut.

“Hal yang tidak saya pahami adalah, mengapa tidak ada seorang pun yang memberi tahu kami jika satu orang dalam penerbangan positif, maka seluruh penumpang harus diisolasi. Saya akan berpikir dua kali sebelum datang ke sini,” tulis Putintseva.

Petenis peringkat 88 dunia, Sorana Cirstea juga sepakat dengan Putintseva. Ia menyatakan bahwa ia tidak akan pergi ke Australia jika ia mengetahui tentang peraturan tersebut. Selain itu, ia juga mengungkapkan tentang waktu yang ia perlukan untuk mendapatkan kembali kebugarannya setelah dua pekan dikarantina.

“Jika mereka memberi tahu kami tentang peraturan itu sebelumnya, saya tidak akan bermain di Australia. Saya akan tinggal di rumah. Mereka mengatakan bahwa kami akan terbang dengan kapasitas 20 persen dalam beberapa bagian dan kami akan melakukan kontak langsung hanya jika tim saya atau kelompok saya positif,” komentar Cirstea terhadap ciutan Putintseva.

Cirstea menambahkan, “Saya membutuhkan waktu setidaknya tiga pekan agar mendapatkan performa meyakinkan dan berkompetisi di level tinggi.”

Petenis veteran Belgia, Kirsten Flipkens juga menyuarakan kekesalannya. Ia sangat kesal karena banyak petenis telah berlatih sangat keras demi Grand Slam pertama musim 2021 dan bahwa mereka tidak menyadari peraturan terkait penerbangan.  

Pastinya, para petenis sangat kesal tentang dikarantina ketat dalam kamar mereka karena peraturan yang tidak mereka ketahui. Tetapi, hal yang membuat semua itu semakin memburuk adalah kamar mereka juga tidak memiliki tingkat sanitasi yang baik setelah Putintseva mengunggah sebuah video yang memperlihatkan seekor tikus berlarian dalam kamarnya.

Bersama video tersebut, petenis berkebangsaan Kazakhstan menambahkan, “Mencoba untuk mengganti kamar dalam 2 jam terakhir! Dan tidak ada seorang pun yang menolong karena situasi karantina.”

Para petenis tampak jelas tidak senang dengan peraturan COVID-19 di Australian Open musim 2021. Akibat karantina ketat, mereka tidak bisa mempersiapkan diri dan skenario terburuk adalah mereka mungkin harus melewatkan turnamen tersebut pada musim ini.

Para petenis tentu berharap di turnamen yang akan datang, sejumlah protokol akan jauh lebih jelas bagi mereka.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Yulia Putintseva

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru