Kanal

Nova Widianto Targetkan Tang Jie/Ee Wei Kembali ke Peringkat 8 Besar Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
28 Feb 2024, 14:45 WIB

Nova Widianto/[Foto:NST]

Berita Badminton : Pelatih ganda campuran tim nasional Malaysia asal Indonesia, Nova Widianto meminta pasangan teratas nasional Chen Tang Jie / Toh Ee Wei untuk berjuang kembali ke delapan besar dunia.

Tang Jie/Ee Wei naik ke peringkat 8 dunia pada akhir tahun 2023, tetapi awal tahun yang mengecewakan membuat mereka turun satu tingkat ke peringkat 9 dunia.

Pasangan ini tersingkir tiga kali berturut-turut pada putaran kedua di Malaysia Open, Indian Open, dan Indonesia Masters sebelum memantapkan diri dengan menjadi runner-up di Thailand Masters bulan lalu.

Namun, duo ini gagal mendapatkan unggulan di French Open mendatang (5-10 Maret) di Paris dan All England (12-17 Maret) di Birmingham dan hasil undian yang lebih mudah di babak awal karena hanya delapan pasangan teratas dunia yang akan diunggulkan.

Tang Jie/Ee Wei sekarang harus bekerja keras untuk mengatasi rintangan awal mereka di turnamen Prancis saat mereka menghadapi rekan setimnya Tan Kian Meng/Lai Pei Jing di babak pembukaan sebelum kemungkinan pertandingan melawan pasangan peringkat 4 dunia asal Tiongkok, Feng Yanzhe-Huang Dongping di babak selanjutnya.

Di All England, pasangan ini menghadapi tugas berat di babak pertama melawan juara dunia 2021 asal Thailand, Dechapol Puavaranukroh-Sapsiree Taerattanachai.

“Tang Jie-Ee Wei pasti bisa kembali ke delapan besar jika berhasil meraih gelar Thailand Masters,” kata Nova, usai mengawasi sesi latihan di Academy Badminton Malaysia (ABM) di Bukit Kiara kemarin.

"Mereka tidak memulai dengan baik tahun ini namun menunjukkan peningkatan yang baik di Thailand. Namun, itu tidak cukup bagi mereka untuk kembali ke delapan besar dan mendapatkan unggulan di turnamen Eropa..Sekarang, mereka tidak punya pilihan selain bersiap menghadapi pasangan teratas sejak awal," ungkapnya.

“Memang tidak mudah, tapi jika mereka bisa meningkatkan performa seperti di Thailand, mereka bisa naik peringkat lagi,” tambah Nova.

Nova Widianto menekankan bahwa Tang Jie-Ee Wei harus tetap bersabar dalam reli saat bermain melawan tim seperti Dechapol-Sapsiree. Pasangan Thailand itu telah menggagalkan gelar Malaysia di Bangkok.

“Tang Jie-Ee Wei harus memainkan permainan yang sabar melawan pasangan papan atas seperti Dechapol-Sapsiree, terutama saat shuttlenya lambat,” kata Nova Widianto.

“Mereka harus tangguh dan menunggu peluang untuk meraih poin. Penting juga bagi mereka untuk percaya diri dan kuat secara mental saat bermain melawan pasangan ini.”

Tang Jie/Ee Wei tetap berada di jalur untuk lolos ke Olimpiade Paris pada bulan Juli mendatang.

Artikel Tag: Nova Widianto, Chen Tang Jie, All England 2024

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru