Kanal

Cal Crutchlow Bakal Lakukan Lebih Banyak Pengujian pada MotoGP 2022

Penulis: Abdi Ardiansyah
24 Jan 2022, 00:05 WIB

Cal Crutchlow

Berita MotoGP: Yamaha memastikan bahwa pihaknya akan melakukan banyak tes pada MotoGP 2022 sehingga jadwal Cal Crutchlow sebagai rider penguji mereka bakal lebih padat.

Karier aktif Cal Crutchlow di kejuaraan MotoGP selesai pada akhir musim 2020 bersama LCR Honda. Posisinya lalu diambil alih oleh Alex Marquez, yang kehilangan kursinya di Repsol Honda.

Yamaha lalu memanfaatkan kesempatan tersebut dengan mengontrak Crutclow sebagai pebalap penguji (test rider) setelah percobaan dengan eks pebalap MotoGP, Jorge Lorenzo, sepanjang musim 2020 tidak berjalan sesuai harapan mereka.

Namun pria asal Inggris tersebut tidak bisa menyelesaikan tes sebanyak yang diharapkan pada tahun pertamanya sebagai rider tes Yamaha. Hal itu disebabkan karena Crutchlow diturunkan dalam empat balapan MotoGP 2021 karena cedera lutut yang dialami Franco Morbidelli di tim satelit Yamaha dan hukuman skors yang diterima Maverick Vinales.

Ia menggeber motor Yamaha YZR-M1 untuk dua balapan ganda di Sirkuit Red Bull Ring (Austria), MotoGP Inggris, dan MotoGP Aragon. Ia mampu mencapai garis finis, tetapi gagal membawa pulang poin.

Managing Director MotoGP Yamaha, Lin Jarvis, lalu memastikan bahwa pihaknya akan memberikan program untuk Cal Crutchlow agar bisa menjalankan perannya sebagai pebalap penguji dengan lebih baik.

“Ya, kami akan melakukan lebih banyak (pengujian) lagi. Ada lebih banyak tes yang direncanakan untuk 2022. Sudah ada komitmen yang jelas dari perusahaan,” kata Jarvis dikutip dari Motorsport.com.

Tes di Eropa pun tidak jadi satu-satunya program Yamaha untuk rider berusia 36 tahun itu.

“Kami bakal tetap menjalankan operasi hybrid di mana akan ada banyak pengujian, tak cuma di Eropa, tapi juga Jepang,” lanjutnya.

“Namun ada lebih banyak orang Eropa di tim. Kami akan terus menguji di kedua lokasi. Dengan Cal, itu pasti berjalan. Sudah ada kesepakatan dengannya. Jadi, dia akan melanjutkan tes bersama kami,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Cal Crutchlow, yamaha, MotoGP 2022

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru