Valentino Rossi Kehilangan Status Sunday Rider, Kini Beralih ke Brad Binder

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 19 Apr 2021, 23:35 WIB
Valentino Rossi, Brad Binder

Valentino Rossi

Berita MotoGP: Valentino Rossi harus kehilangan statusnya sebagai ‘Sunday Rider’ lantaran performanya selalu jauh dari harapan dalam beberapa balapan terakhir. Kini status tersebut justru dipegang oleh Brad Binder.

Valentino Rossi mendapat gelar sebagai Sunday Rider (pebalap hari minggu) lantaran ia selalu tampil apik saat balapan utama meskipun posisinya saat start kurang menguntungkan. Dengan kata lain, status Sunday Rider ini diberikan kepada rider yang baru tampil istimewa ketika balapan tiba.

Rossi pun mendapat julukan pembalap hari Minggu dari legenda balap Wayne Rainey pada 2017. Rainey menyebut Rossi demikian karena baru tampil "serius" ketika sesi balapan MotoGP yang biasanya digelar pada hari Minggu.

Sementara pada sesi latihan bebas dan kualifikasi pada hari Jumat sampai Sabtu, nama Rossi bahkan jarang menempati jajaran teratas. Kecuali balapan seri pembuka, karakter pebalap hari Minggu itu sebenarnya masih melekat dalam diri Rossi pada MotoGP 2021.

Rossi baru mendapatkan sensasi bagus dari setelan motor balapnya ketika balapan tiba. Sayangnya, hasil minor pada awal musim ini membuat peningkatan yang dialami Valentino Rossi tak semenonjol biasanya. Rossi tercatat belum pernah sama sekali finis di posisi 10 besar.

Balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (18/4) kemarin berakhir dengan hasil gagal finis bagi The Doctor.

Status Sunday Rider justru lebih terlihat dalam diri pebalap tim Red Bull KTM, Brad Binder. Ia tercatat selalu mampu menunjukkan peningkatan performa saat balapan tiba, utamanya dalam dua balapan terakhir.

Dalam balapan seri kedua MotoGP Doha dan seri ketiga MotoGP Portugal, Binder mampu memperbaiki posisinya hingga 10 tingkat saat balapan. Pada balapan kedua di Losail, Binder mampu finis di posisi kedelapan setelah start dari urutan ke-18. Sementara , pada balapan terkini yaitu MotoGP Portugal, Binder finis di posisi kelima setelah memulai lomba dari posisi ke-15.

"Senang bisa meraih posisi lima besar pertama kami pada musim ini," kata Brad Binder.

Binder sendiri tak menampik bahwa ia berharap untuk bisa merebut posisi podium, apalagi ia punya kesempatan tersebut pada lima lap terakhir.

"Saya telah berusaha semaksimal mungkin tetapi saya tidak bisa menyatukan putaran-putaran terbaik pada akhir lomba seperti yang saya mau. Secara keseluruhan saya telah memberikan upaya terbaik dan memanfaatkan semua peluang yang saya punya." tandasnya.

Hasil ini menempatkan Brad Binder di posisi kedelapan klasemen MotoGP 2021 dengan koleksi 21 poin. Ia kini terpaut 40 poin dari Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang menjadi pemuncak klasemen sementara.

Artikel Tag: Valentino Rossi, MotoGP 2021

2706  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini