Raul Fernandez Akui Motor MotoGP Kuras Banyak Tenaga

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 24 Nov 2021, 16:35 WIB
Raul Fernandez

Raul Fernandez

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Raul Fernandez menjadi salah satu rookie yang hadir dalam tes pramusim MotoGP 2022 di Jerez, ia mengaku puas dengan penampilan perdananya meski kelelahan.

Raul Fernandez menjadi pendatang baru di MotoGP dengan membela KTM Tech3. Sebagai seorang rookie, tentunya ia masih harus beradaptasi dengan motor kelas utama yang bobotnya lebih berat daripada motor Moto2 dan punya spesifikasi lebih rumit.

Fernandez menempati posisi di luar 20 besar pada pengujian tersebut. Karena baru tiga kali mencoba motor MotoGP, wajar kalau ia dan rekan setimnya, Remy Gardner, belum terlalu paham cara mengeksploitasi potensi motor RC16.

Apalagi fisik rider asal Spanyol tersebut belum terlalu siap untuk menggeber motor kelas utama selama puluhan lap.

“Saya sangat gembira tapi saya mati! Itu sangat berat dan menguras fisik, terutama kalau pada hari pertama semua terasa baru,” ucapnya dilansir dari Motorsport.com.

“Saya benar-benar tegang di atas motor. Mungkin sulit untuk mengendurkan ketegangan. Hari berikutnya, rasanya makin sulit karena saya sudah mati,” imbuh Fernandez.

“Ada saatnya di mana saya tidak bisa mengemudikan motor ke arah yang saya inginkan. Saya juga tak bisa mengerem seperti yang saya mau,” ia menjelaskan.

Di antara para rookie, hanya Fabio Di Giannantonio saja yang mampu mengungguli torehan pebalap berusia 21 tahun itu.

Kendati kalah cepat, Raul Fernandez mengaku tetap puas dapat pengalaman berharga yang didapatkannya di tes Jerez.

“Saya tetap gembira. Tes sangat bagus. Kami memutari banyak lap dengan ban usang dan saya sangat efisien. Kami coba melaju dengan ban lunak dan saya hampir dekat dengan para pebalap tim pabrikan, kurang dari satu detik. Secara keseluruhan ini positif,” ungkapnya.

Fernandez didampingi oleh test rider KTM, Dani Pedrosa, saat pengujian. Mereka kerap berdiskusi mengenai cara mengendarai motor MotoGP dengan baik. Pedrosa juga membagikan tips saat belok di tikungan agar motor tak kehilangan tenaga.

“Bagi saya, bagian paling sulit menentukan sudut yang tepat untuk mendapat tenaga lebih besar. Jika Anda terlalu miring, maka akan kehilangan tenaga,” tuturnya.

“Jika Anda kurang miring, juga akan kehilangan tenaga ekstra. Itu sangat sulit. Anda harus mengerti lebih baik sudut untuk memaksimalkan cara mendapat tenaga,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Raul Fernandez, ktm, Tech3, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/raul-fernandez-akui-motor-motogp-kuras-banyak-tenaga
519  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini