Miller Lolos dari Hukuman, Joan Mir Khawatir MotoGP Jadi Makin Ugal

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 16 Apr 2021, 22:20 WIB
Joan Mir

Jack Miller dan Joan Mir bersaing di MotoGP Doha 2021.

Berita MotoGP: Rider Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir, mengaku kecewa dengan keputusan MotoGP soal tindakan berbahaya Jack Miller yang lolos dari hukuman. Ia takut jika hal tersebut dibiarkan bakal berdampak buruk kedepannya.

Insiden panas mewarnai balapan MotoGP Doha yang berlangsung pada Minggu, 4 April lalu. Kejadian ini berawal dari manuver Joan Mir yang sedikit mengenai Jack Miller hingga membuatnya terpaksa melebar.

Merespon hal tersebut, Miller rupanya geram dengan aksi Mir. Pada lap selanjutnya, rider asal Australia tersebut kembali berhadapan dengan rider Suzuki tersebut.  Miller nampak mendekati Mir dan sengaja menutup jalurnya sehingga kontak antara kedua pebalap tak terhindarkan. Baik Miller ataupun Mir hampir kehilangan keseimbangan mengingat mereka bersenggolan pada kecepatan hampir 200 kilometer/jam.

Insiden ini pun berbuntut hingga keluar lintasan. Meskipun pihak pengawas balapan MotoGP menyatakan tak ada tindak lanjut atas insiden tersebut.

Miller pun merasa yakin bahwa dirinya memang layak tak diberi hukuman, ia berdalih bahwa hal itu memang biasa terjadi dalam sebuah balapan. Apalagi ia menegaskan bahwa Mir sudah tiga kali melakukan aksi serupa kepadanya.

Sementara Mir merasa yakin Miller sengaja membenturkan badan ke arahnya, sehingga ia mengharapkan adanya tindakan tegas dari Race Director dan menjatuhkan hukuman pada Miller.

keputusan pihak pengawas balapan ini membuat Joan Mir kecewa. Mir mengaku takut manuver berbahaya tersebut bakal dianggap biasa saja oleh para pebalap lainnya.

"Suzuki sudah mencoba membahas insiden tersebut tetapi tidak berhasil. Keputusan sudah diambil dan mereka melihat aksi tersebut legal," ujar Mir sebagaimana dilansir dari GPOne.

"Saya pikir aksi ini sudah melewati batas tetapi saya menghormati keputusan mereka, dan saya tahu apa yang Jack pikirkan. Saya pikir sudah jelas, karena Anda tahu dia melihat saya dan kemudian menyenggol saya, itu bukan aksi yang legal tentunya."

Meski mengaku menghormati, Joan Mir khawatir keputusan Race Director akan membawa dampak buruk bagi kompetisi ke depannya.

"Keputusannya, bagaimanapun, mereka pikir tidak apa-apa melakukan hal semacam ini pada masa mendatang. Saya pikir mereka harus menghukum aksi seperti ini karena berbahaya,"  tandasnya.

Rider Suzuki Ecstar lainnya, Alex Rins, turut angkat bicara mengenai insiden antara rekan setimnya dengan Jack Miller. Rins tidak menampik bahwa manuver Mir terhadap Miller di Tikungan 10 memang terlalu keras.

Rins hanya berpesan agar masing-masing pebalap bisa menaruh respek antar sesama rider lain di tengah persaing balapan yang sangat ketat.

"Ada rivalitas besar di antara banyak pebalap dan kami semua begitu dekat karena kami mengenal motornya dengan baik sejak tahun lalu. Saya pikir ada peluang terciptanya balapan yang agresif tetapi dengan respek," ujar Rins.

Artikel Tag: joan mir, Jack Miller

3627  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini