Marc Marquez Minta Keamanan di Lintasan Balap Ditingkatkan Lagi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 08 Mei 2021, 01:30 WIB
Marc Marquez

Marc Marquez

Berita MotoGP: Marc Marquez mengungkapkan bahwa keamanan di lintasan balap MotoGP masih perlu ditingkatkan untuk mengurangi resiko pebalap mengalami kecelakaan.

Marc Marquez, pebalap Repsol Honda, berpendapat bahwa keselamatan di jalur balapan masih perlu ditingkatkan lagi. Hal tersebut dikarenakan motor MotoGP semakin kencang dari tahun ke tahun.

"Kami semakin cepat dan lebih cepat di MotoGP. Kondisi itu normal. Setiap pabrikan bekerja untuk membuat motor yang lebih cepat sesuai aturan. Ini berarti area lintasan tampak semakin kecil. Bukan karena mereka terlalu kecil, tetapi karena kita terlalu cepat untuk mereka (pebalap)," tutur Marc Marquez seperti yang yang dilansir dari Speedweek.

"Selalu ada perbaikan baru pada motor. Namun, kami tidak harus mengemudi 360 km/ jam di lintasan lurus di Qatar. Kenyataannya memang demikian. Tentunya semua orang ingin melakukan itu,” tambahnya.

Saat ini, tindakan pencegahan keamanan yang efektif hanya tersedia di beberapa jalur balap dan terdapat peralatan pelindung untuk pebalap yang agresif. Penunjang balapan seperti helm, sepatu bot, sarung tangan, dan pakaian dari bahan kulit menjadi semakin baik kualitasnya

Sejak musim 2018, kantong udara sudah menjadi hal yang wajib ada di tiap balapan. Zona run-off di lintasan balap juga dibuat lebih besar dan disediakan juga pagar udara, yang menggantikan atau melengkapi bal jerami, penghalang tabrakan, dan ban mobil di tempat-tempat berbahaya.

Mulai 1 Januari 2021, ada 20 arena balapan di seluruh dunia dengan homologasi Grade A yang merupakan tingkat keamanan tertinggi. Beberapa lintasan sudah memenuhi persyaratan keamanan, namun belum dihomologasi untuk tahun ini atau tidak menjadi tuan rumah MotoGP.

Komisi Keamanan telah ada sejak 2003, di mana para pebalap MotoGP berdiskusi dengan Dorna, organisasi penyelenggara balapan MotoGP dan asosiasi sepeda motor FIM sebelum setiap akhir pekan GP. Komisi tersebut diluncurkan usai terjadinya kecelakaan fatal Daijiro Kato di Sirkuit Suzuka.

Legenda MotoGP, Giacomo Agostini pun menilai komisi keamanan punya peranan sangat penting.

"Menurut saya, komisi keamanan sangatlah penting. Dalam hal keselamatan, itu penting untuk bertanya kepada pebalap tentang apa yang mereka katakan, apa yang terjadi dan di mana ada masalah,” imbuhnya.

"Setiap orang bisa menggambarkan perasaan mereka di lintasan. Di Safety Commission mereka duduk bersama, mencoba memahami dan membuat penyesuaian jika perlu. Itu tidak ada pada zaman saya, pada saat itu penyelenggara membuat keputusan sendiri," jelas Agostini.

Artikel Tag: Marc Marquez, Honda, MotoGP 2021

2425  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini