Marc Marquez Dipastikan Absen dari MotoGP Valencia

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 09 Nov 2021, 20:35 WIB
Marc Marquez

Marc Marquez

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Marc Marquez mengumumkan bahwa dirinya tidak akan tampil dalam balapan penutup kejuaraan MotoGP 2021, MotoGP Valencia, karena ia mengalami cedera mata.

Pekan lalu, Marc Marquez absen dari gelaran MotoGP Algarve lantaran mengalami kecelakaan saat berlatih menggunakan motocross. Akibatnya rider berusia 28 itu menderita gegar otak ringan.

Kendati demikian, muncul dugaan bahwa Honda dan Marquez berusaha menutup-nutupi detail cedera yang dialami juara dunia MotoGP enam kali itu. Bahkan terdapat isu yang menyebut kakak Alex Marquez itu sebenarnya terluka lebih parah.

Selasa (9/11), teka-teki perihal cedera yang diderita Marquez akhirnya terjawab. Dalam cuitan di media sosialnya, ia mengungkapkan bahwa dirinya menderita diplopia (penglihatan ganda).

“Ini adalah saat-saat yang sulit, seperti ketika hujan, turun dengan deras. Setelah mengunjungi Dokter Sanchez Dalmau, episode baru diplopia (penglihatan ganda) dikonfirmasi seperti 2011,” tulis Marquez.

“Kami membutuhkan kesabaran tetapi jika saya telah belajar satu hal, yaitu menghadapi kesulitan dengan positif. Terima kasih atas dukungan Anda!”

Cedera mata sebelumnya pernah diderita Marc Marquez saat mengalami kecelakaan dalam sesi latihan bebas Moto2 Malaysia di Sepang pada 2011 silam. Kejadian itu nyaris membuat kariernya di ajang balap motor hancur.

Selasa (2/11) lalu, setelah rider berjuluk The Baby Alien itu menjalani pemeriksaan medis di Dexeus Clinic di Barcelona, di sana ia dievaluasi setelah jatuh saat berlatih menggunakan motocross.

Marquez kemudian beristirahat sepanjang minggu di rumahnya yang berlokasi di Cervera. Selama menjalani masa pemulihan, rekan setim Pol Espargaro itu rupanya merasa tidak enak badan dan menderita masalah penglihatan.

Itulah sebabnya pada Senin (8/11) kemarin, ia dikunjungi oleh dokter mata, Dr. Sanchez Dalmau di Hospital Clinic de Barcelona, yang memeriksanya dan melakukan tes.

Marquez didiagnosis mengalami diplopia, yakni suatu gangguan penglihatan di mana pasien akan melihat dua gambar dari satu objek yang berdekatan (penglihatan ganda).

“Pemeriksaan yang dilakukan pada Marc Marquez hari ini, setelah kecelakaan yang terjadi, mengonfirmasi bahwa pebalap mengalami diplopia dan telah mengungkapkan kelumpuhan saraf kanan keempat dengan keterlibatan otot oblik superior kana,” tutur Dokter Sanchez.

“Perawatan konservatif dengan pembaruan berkala telah dipilih untuk mengikuti evolusi klinis. Saraf kanan keempat ini adalah saraf yang sudah terluka pada tahun 2011.”

Selain absen dari gelaran MotoGP Valencia, Marc Marquez bakal turut melewatkan tes pramusim MotoGP yang rencananya akan dilangsungkan di Sirkuit Jerez pada 18-19 November pekan depan.

Artikel Tag: Marc Marquez, repsol honda, MotoGP 2021, MotoGP Valencia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/marc-marquez-dipastikan-absen-dari-motogp-valencia
405  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini