Lewat VR46 Academy, Rossi Berharap Bisa Hentikan Dominasi Pebalap Spanyol

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 20 Mar 2019, 18:30 WIB
Lewat VR46 Academy, Rossi Berharap Bisa Hentikan Dominasi Pebalap Spanyol

Valentino Rossi bersama para anak didiknya di VR46 Academy

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Dominasi para rider asal Spanyol di ajang MotoGP memang tak bisa dipungkiri lagi, Hal itulah yang membuat Valentino Rossi ingin mengangkat potensi para rider Italia di ajang balap kelas premier. Akademi VR46 adalah senjata utama untuk menghentikan dominasi Spanyol tersebut.

Valentino Rossi resmi mendirikan akademi balap yang bernama VR46 Academy pada tahun 2014 silam. Menggunakan inisial dan nomor motornya, akademi besutan The Doctor itu bertujuan untuk mengembangkan potensi para pebalap muda terutama yang berasal dari Italia.

Sementara dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, MotoGP selalu tak pernah absen menampilkan para pebalap asal Spanyol, yang kini bahkan selalu mendominasi di tiap musimnya. Padahal jika melihat pada era 2000-an para pebalap Italia sangat menguasai balap kelas premier ini.

Kondisi inilah yang membuat The Doctor berupaya merealisasikan impiannya dengan membangun sebuah akademi balap. Sebelumnya, Alberto Tebaldi juga mengatakan bahwa meninggalnya Marco Simoncelli menjadi alasan Rossi membangun akademi balap VR46.

Pasalnya, tak bisa dipungkiri Rossi dan Simoncelli memiliki semangat dan impian yang sama untuk memajukan Italia di ajang balap MotoGP. Selain itu akademi ini juga bakal menjadi senjata utama untuk menghentikan dominasi pebalap Spanyol.

“Usai kematian sahabatnya sendiri, Vale merasa butuh berlatih dengan pebalap lain. Konstruksi VR46 Motor Ranch dibangun usai VR46 Riders Academy dibentuk,” ujar Tebaldi, seperti dilansir GPOne.

“Ia ingin memenuhi kekosongan yang ditinggalkan sahabatnya, tapi pada saat yang sama juga membantu talenta Italia. Vale sangat kecewa melihat MotoGP jatuh ke tangan tim-tim Spanyol, terutama para pebalapnya,” tuntasnya.

Hingga saat ini VR46 Academy telah menelurkan pebalap bertalenta yang telah mentas di MotoGP, diantaranya Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia.

Artikel Tag: Valentino Rossi, MotoGP 2019, VR46 Academy

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/lewat-vr46-academy-rossi-berharap-bisa-hentikan-dominasi-pebalap-spanyol
2046  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini