Franco Morbidelli Bakal Fokus Pulihkan Lututnya Selama Musim Dingin

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 24 Nov 2021, 17:10 WIB
Franco Morbidelli

Franco Morbidelli

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Usai mengikuti tes pramusim MotoGP 2022 di Jerez pekan lalu, Franco Morbidelli bakal fokus memulihkan lutut kirinya yang dioperasi pada Juni lalu karena cedera.

Kejuaraan MotoGP 2021 menjadi musim pasang-surut bagi Franco Morbidelli, khususnya pada aspek psikologis. Kondisi rider asal Italia itu, baik dari segi fisik maupun teknis, tak pernah berada di level terbaik.

Morbidelli secara teori lebih inferior dibandingkan para rider Yamaha lainnya. Namun pabrikan berlogo garpu tala tersebut malah tidak memfasilitasi progresnya dan tetap menempatkannya di tim satelit, Petronas SRT.

Situasinya makin sulit karena karena ia tak punya pilihan selain menjalani operasi untuk menyembuhkan cedera pada lutut kirinya. Morbidelli pun terpaksa absen dari lima balapan, termasuk MotoGP Belanda.

Ia baru kembali di seri MotoGP San Marino, hampir tiga bulan setelah dirinya naik meja operasi. Ketika comeback, rider yang akrab disapa Franky itu memperkuat tim pabrikan Yamaha.

Ia dipromosikan ke tim utama sebagai rekan setim Fabio Quartararo setelah Maverick Vinales memilih hengkang dan membela Aprilia.

Meski dibekali motor yang jauh lebih baik, keterbatasan fisik menjadi kendala utama Franco Morbidelli. Akibatnya ia kesulitan tampil maksimal.

Sejak kembali balapan, rider jebolan VR46 Academy itu hanya mampu membukukan poin dalam dua dari lima perlombaan yang diikutinya. Pencapaian terbaiknya yakni finis ke-11 di MotoGP Valencia.

Saat mengikuti tes pramusim di Jerez, Morbidelli mengungkapkan bahwa dirinya akan fokus memulihkan kekuatan lutut kirinya selama musim dingin agar bisa tampil bugar di tes Sepang yang digelar Februari 2022 mendatang.

Dengan komitmennya tersebut, pebalap berusia 26 tahun itu bahkan telah memutuskan untuk melewatkan agenda rutin 100 Kilometer yang dilakukan para rider VR46 Academy setiap musim dingin di ranch miliki Valentino Rossi.

“Rehabilitasi akan mejadi fokus utama saya pada musim dingin ini. Saya akan mencoba mengembalikan fungsi lutut (kiri) sepenuhnya dan kita akan lihat apakah saya bisa melakukannya. Seharusnya tidak ada masalah dalam hal itu,” tutur Morbidelli.

Artikel Tag: Franco Morbidelli, yamaha, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/franco-morbidelli-bakal-fokus-pulihkan-lututnya-selama-musim-dingin
448  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini