Fabio Quartararo Diyakini Bakal Kesulitan di MotoGP Austria

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 18 Agu 2022, 09:30 WIB
Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Fabio Quartararo diprediksi tidak akan mampu melaju cepat di Red Bull Ring sebab tenaga kuda besi Yamaha YZR-M1 tak sebesar motor milik Ducati dan Aprilia.

MotoGP Austria dipastikan bakal menjadi ajang dimana semua pabrikan MotoGP bersaing dalam perebutan gelar juara dunia. Mereka akan mengeluarkan semua senjata terbaik milik tim.

Fabio Quartararo memang masih memuncaki klasemen pebalap dengan unggul 22 poin atas Aleix Esparparo (Aprilia Racing) di peringkat kedua. Sementaraa Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) membuntutinya di posisi ketiga dengan gap 49 poin dari Quartararo

Sudah menjadi rahasia umum bila layout Red Bull Ring selama ini sangat cocok dengan karakter motor Ducati Desmosedici GP. Enam kemenangan dari delapan Grand Prix yang sudah digelar di sana sejak 2016 menjadi buktinya.

Selama ini, Quartararo dan Yamaha mampu menyiasati kurangnya tenaga motor YZR-M1 dengan menguasai tikungan.

Kendati demikian, rider berjuluk El Diablo itu mengatakan tenaga motor yang lebih besar bakal memberikannya performa lebih baik. Dengan kondisi yang tidak berubah dari sisi teknis, alias defisit power motor, ia diprediksi akan menemui kesulitan di MotoGP Austria.

Kepiawaian Fabio Quartararo dalam mengendalikan YZR-M1 dan juga mengeluarkan potensi terbaiknya memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Tetapi rapor buruk dalam dua balapan terakhir (tanpa poin di Assen dan hanya 8 poin di Silverstone) bakal membuat sang pebalap dan Yamaha pusing tujuh keliling.

Terdapat area baru di Sirkuit Red Bull Ring, yakni chicane di antara Tikungan 1 dan 3. Tikungan 2 yang lebih menyerupai trek lurus selama ini menjadi salah satu area dimana Aprilia dan Ducati mampu sangat kuat, karena dukungan dari power besar pada kuda besi mereka.

Namun kecelakaan mengerikan yang melibatkan Johann Zarco (Avintia Racing) dengan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) pada MotoGP Austria 2020 memaksa Komisi Keselamatan Balap MotoGP, FIM, serta pengelola sirkuit, memodifikasi trek.

Hasilnya, di atas kertas, kecepatan pebalap akan berkurang dan motor-motor bertenaga besar sepertinya baru akan memaksimalkan kekuatan pada lintasan lurus kedua di trek tersebut.

Konfigurasi baru Red Bull Ring memperkenalkan sebuah chicane antara Tikungan 1 dan 3 demi mengurangi risiko munculnya insiden kecelakaan. Dengan begitu, area yang selama ini dikenal sebagai Tikungan 2 sudah tidak ada lagi.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, yamaha, MotoGP 2022, MotoGP Austria

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/fabio-quartararo-diyakini-bakal-kesulitan-di-motogp-austria
758  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini