Aerodinamika Jadi Kunci Kecepatan Motor Aprilia RS-GP

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 14 Agu 2022, 23:00 WIB
Aprilia, Aleix Espargaro

Aleix Espargaro

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos Aprilia, Massimo Rivola, menegaskan bahwa pengembangan aerodinamika masih terus dilakukan oleh timnya demi meningkatkan kinerja kuda besi RS-GP.

Datang ke kejuaraan MotoGP dengan bergabung bersama Aprilia pada 2019 lalu, Massimo Rivola dianggap sebagai salah satu sosok yang berjasa bagi pabrikan asal Noale itu. Ia menemukan bahwa bagian aerodinamis pada kuda besi RS-GP bisa membuatnya menjadi lebih cepat.

Pria asal Italia tersebut lalu mendatangkan sejumlah ahli aerodinamika dari ajang balap mobil Formula 1. Rivola diketahui punya pengalaman bekerja di dunia jet darat bersama Ferrari dan Scuderia Toro Rosso (kini AlphaTauri).

Menurutnya, perekrutan ahli aerodinamika yang mumpuni berdampak besar pada perkembangan motor Aprilia. Pasalnya, Massimo Rivola sadar RS-GP tidak memiliki mesin terbaik di grid.

“Kami tidak berpikir kami memiliki motor MotoGP terbaik dan kami tidak berpikir kami sepenuhnya memahami aerodinamika. Tetapi kami yakin bahwa ada banyak hal yang dapat ditemukan dan ditingkatkan di area ini,” ucapnya dilansir dari Speedweek.

“Itulah mengapa penting untuk menemukan insinyur aerodinamis yang baik dan terowongan angin yang baik. Kami menggunakan terowongan angin yang sama dengan KTM, bekas terowongan angin Formula 1 Toyota di Cologne dan sebelumnya kami memakai terowongan angin yang berbeda,” ia menjelaskan.

Lebih lanjut, pria berusia 50 tahun itu yakin timnya bisa terus mengembangkan paket aerodinamika untuk  motor RS-GP. Sebab menurutnya, ini akan membuat Aprilia menjadi salah satu pabrikan yang diperhitungkan di MotoGP.

“Anda juga harus menemukan hubungan antara apa yang Anda lakukan di terowongan angin dan apa yang Anda lakukan di Computer Aided Design (CAD). Perbedaan terowongan angin (motor MotoGP dengan mobil F1) adalah bahwa sepeda motor benar-benar menghadap angin,” kata Rivola.

“Dalam desain komputer, Anda harus membayangkan bagaimana pengendara akan berperilaku pada sepeda di trek balap. Saya merasa kami dapat terus meningkatkan aerodinamis,” imbuhnya.

Berkat pemikirannya, Aprilia mampu menggila sepanjang MotoGP 2022 bergulir. Mereka membantu Aleix Espargaro bertengger di peringkat kedua klasemen pebalap setelah 12 dari total 20 seri berlalu, Ia terpaut 22 poin saja dari Fabio Quartararo yang berada di posisi pertama.

Artikel Tag: aprilia, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/aerodinamika-jadi-kunci-kecepatan-motor-aprilia-rs-gp
877  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini