Abaikan Bendera Kuning, Francesco Bagnaia Jadi Gagal Pole Position

Penulis: Viggo Tristan
Sabtu 17 Apr 2021, 23:15 WIB
Francesco Bagnaia harus rela gagal pole position karena lakukan kesalahan fatal.

Francesco Bagnaia gagal pole position karena kesalahannya sendiri. (Gambar: Ruetir)

Berita MotoGP : Pebalap Ducati Lenovo yaitu Francesco Bagnaia sejatinya tampil apik pada sesi kualifikasi MotoGP Portugal, Sabtu (17/4) waktu setempat. Ia berhasil mencatatkan waktu terbaik di antara semua pebalap sebelum torehannya itu dihapus.

Ya, Francesco Bagnaia dianggap melanggar aturan ketika mencatatkan waktu terbaiknya. Kala itu, Miguel Oliveira sedang mengalami kecelakaan dan bendera kuning dikibarkan. Ketika bendera kuning berkibar, para pebalap yang berada di lintasan harus mengurangi kecepatan mereka. Tujuannya jelas agar melindungi pebalap yang terjatuh dan memberi kesempatan bagi tim medis untuk memberi pertolongan.

Sayangnya, bendera kuning itu tidak diindahkan oleh Bagnaia sehingga membuat pihak penyelenggara menghapus catatan waktunya yang impresif. Pole position yang harusnya milik Bagnaia lantas beralih posisi ke Fabio Quartararo. Bagnaia sendiri harus puas memulai balapan dari posisi kesebelas esok hari.

Keputusan ini jelas merugikan Bagnaia secara keseluruhan. Pole position atau memulai balapan dari posisi terdepan adalah modal berharga untuk bisa meraih kemenangan. Selain kehilangan posisi start yang bagus, Bagnaia harus menemui tantangan berat dengan start di posisi 11. Ia harus berjuang keras sejak awal dimana hal itu beresiko membuat ban motornya cepat aus.

Pada balapan era modern seperti sekarang, manajemen ban jadi faktor penting untuk bisa meraih kemenangan. Bagnaia tentunya punya banyak PR pada hari balapan agar bisa memuaskan manajemen Ducati.

Artikel Tag: Francesco Bagnaia, motogp

1330  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini