Haas Tak Menyangka Hampir Ungguli Tim-Tim Papan Tengah di F1 2021

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 07 Jan 2022, 15:20 WIB
Haas, Mick Schumacher

Mick Schumacher

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Bos Haas, Gunther Steiner, mengaku senang karena timnya mampu memangkas jarak dengan tim papan tengah seperti Williams dan Alfa Romeo pada kejuaraan musim lalu.

Haas menjadi salah satu tim Formula 1 yang memutuskan untuk tak mengembangkan mobil sepanjang kejuaraan musim 2021. Hal tersebut dikarenakan mereka fokus sepenuhnya pada pembangunan mobil untuk musim 2022 yang mengikuti regulasi baru.

Tentu saja keputusan tersebut berdampak besar pada performa Haas di musim lalu, di mana Mick Schumacher dan Nikita Mazepin tak sekalipun membukukan poin. Mereka pun akhirnya menjadi tim yang finis di posisi paling buncit di klasemen konstruktor.

Tetapi, tim asal Amerika Serikat tersebut membuat publik terkejut karena nyaris mengungguli tim-tim papan tengah seperti Alfa Romeo dan Williams dalam beberapa balapan terakhir.

Schumacher hanya terpaut 0,2 detik dari Alfa Romeo dalam sesi kualifikasi GP Qatar dan GP Abu Dhabi. Selain itu, pebalap berusia 22 tahun tersebut juga hanya berjarak kurang dari satu detik dari mobil Aston Martin yang dikemudikan oleh Lance Stroll dalam kualifikasi di GP Arab Saudi.

Sang prinsipal Haas, Gunther Steiner, pun mengharapkan timnya terus termotivasi untuk tampil lebih baik lagi. Namun ia mengaku agak terkejut karena pebalapnya mampu memangkas jarak dengan tim papan tengah pada beberapa balapan jelang kejuaraan F1 2021 berakhir.

“Apa yang harus Anda perhatikan adalah orang-orang tidak cepat puas, terbiasa dan tidak melakukan yang terbaik lagi,” kata Steiner dilansir dari Motorsport.com.

“Anda harus memberi tahu mereka bahwa ‘kalian tidak bodoh atau buruk, itu hanya akan menjadi lebih baik, hanya saja mobil kami tidak dikembangkan’. Jawabannya terlalu sederhana, jika ada satu tahun Anda tidak melakukan apa-apa, di sinilah Anda berakhir,” ia menjelaskan.

“Kemudian, dalam dua balapan terakhir, saya tidak percaya kami hanya berjarak 0,1 atau 0,2 detik dari tim papan tengah. Saya tidak percaya itu dilakukan dengan mobil yang berumur hampir dua tahun,” tambahnya.

Kendati begitu, Gunther Steiner meyakini tim-tim papan tengah saat ini masih jauh lebih baik dibanding Haas karena pengembangan yang terus mereka lakukan. Tetapi ia tak memungkiri Schumacher dan Mazepin juga berhasil memanfaatkan setiap perlombaan untuk mempelajari banyak hal.

“Tim lain seharusnya membuat kesenjangan lebih besar, mereka mengembangkan mobil mereka sepanjang 2021,” ujarnya.

“Dua balapan terakhir sangat aneh bagi saya. Di Arab Saudi, di mana lap sangat panjang, kami hanya tertinggal 1,5 detik. Dan kami bertarung dalam balapan dengan salah satu Williams. Mungkin mereka melaju lebih lambat?”

“Begitu Anda bisa memperjuangkan sesuatu, itu adalah skenario yang berbeda, getaran yang berbeda, cara hidup yang berbeda,” tutupnya.

Artikel Tag: Gunther Steiner, Haas, F1 2021, F1 2022, Alfa Romeo, williams

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/haas-tak-menyangka-hampir-ungguli-tim-tim-papan-tengah-di-f1-2021
399  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini