Belajar dari Kasus Fernando Alonso dan Ocon, F1 Perlebar Kotak Grid

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 31 Mar 2023, 10:40 WIB
Fernando Alonso

Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Mulai GP Australia, Formula 1 memperlebar kotak grid sebesar 20cm. Hal ini dilakukan setelah kasus yang menimpa Fernando Alonso dan Esteban Ocon.

Ada yang berbeda di Sirkuit Albert Park, tuan rumah GP Australia. Ukuran kotak grid, tempat mana pebalap melakukan start, kini diperlebar sebesar 20 cm.

Perubahan tersebut dilakukan setelah dua insiden serupa di GP Bahrain dan GP Arab Saudi. Di Bahrain, Esteban Ocon dihukum penalti lima detik karena ban mobilnya melewati garis kotak grid. Sementara di Jeddah, giliran mantan rekan setimnya, Fernando Alonso, yang kena penalti lima detik dengan alasan serupa.

Ocon pun melayangkan protes keras karena merasa heran dengan hukuman yang diterimanya. Hukuman itu baru diterapkan sekarang, padahal ia sudah berulang kali melakukannya.

"Sepertinya itu hukuman bodoh yang kita dapatkan di sana. Tapi tidak semudah kelihatannya untuk memarkir mobil di tempat yang tepat, terutama dengan mobil besar seperti ini dengan betapa rendahnya kita duduk di kokpit," ucapnya dikutip dari PlanetF1.

"Sejujurnya aku tak tahu apa aku di dalam kotak atau tidak saat balapan itu, jadi aku sedikit gemetar, tapi sangat sulit, dan pada dasarnya semua margin tidak ada pengaruhya. Itu aturannya sekarang dan kami harus lebih berhati-hati dengan semua yang kami lakukan," ia menambahkan.

Hal senada juga diungkapkan oleh George Russell, yang menilai penalti tersebut kurang adil karena jarak pandang pebalap ketika berada di kokpit sangatlah minim, sehingga sulit melihat aspal di dekatnya.

"Ada garis kuning panjang yang besar, aku bahkan tidak bisa melihat garis kuning, apalagi garis putih. Menentukan posisi lateralmu benar-benar sulit," kata pemuda asal Inggris itu.

Dengan ukuran kotak yang diperlebar, para pebalap diharapkan bisa lebih mudah menempatkan mobilnya di grid.

"Terkadang kau berdebat apakah untung dengan menempatkan mobil lebih lebar, keluar dari kotak itu. Kupikir pada satu titik kita memang membutuhkan aturan. Terlihat sangat konyol jika orang mulai mengambil keuntungan dengan benar-benar pergi ke kiri dan ke kanan," ungkap driver Red Bull Racing, Max Verstappen.

"Tapi aku tidak tahu apa yang bisa kami lakukan dengan lebih baik. Visibilitasnya sangat buruk di dalam mobil yang kupikir mungkin masalah utama mengapa kau kadang-kadang tidak sepenuhnya benar di dalam kotak," jelasnya.

Artikel Tag: Fernando Alonso, GP Australia, Esteban Ocon, F1 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/belajar-dari-kasus-fernando-alonso-dan-ocon-f1-perlebar-kotak-grid
586  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini