Audi Tunjuk Neel Jani Jadi Pebalap Simulator pada F1 2026

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 24 Jun 2023, 22:25 WIB
Neel Jani

Neel Jani

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Audi baru saja mengumumkan pebalap simulator mereka untuk F1 2026 mendatang, Neel Jani. Pria asal Swiss tersebut merupakan pemenang Le Mans 24 Hours 2016.

Seperti yang sudah diberikan sebelumnya, Audi bakal kembali ke Formula 1 pada 2026 mendatang saat regulasi mesin anyar diberlakukan. Sejak akhir tahun lalu mereka telah menguji mesin satu silinder. Akan tetapi pada 2024 pabrikan asal Jerman berharap untuk memiliki powertrain hibrida turbo 1,6 liter yang lengkap dan siap untuk dijalankan di atas dyno.

Untuk membantu proyek ini, Neel Jani yang merupakan pebalap Le Mans 24 Hours, direkrut. Ia ditugaskan di program simulator yang dijalankan dari pabrik mesin di Neuburg.

Jani mengaku gembira bisa menjadi bagian dari Audi untuk F1 2026 mendatang.

"Saya senang bisa menemani Audi dalam perjalanan mereka menuju Formula 1. Merupakan suatu kehormatan sekaligus tanggung jawab yang besar untuk terlibat dalam proyek sebesar ini pada tahap awal. Saya yakin bahwa dengan pengalaman saya dari proyek Formula 1 dan LMP, saya dapat menjalin hubungan yang baik antara teori dan praktik,” katanya seperti dikutip dari Crash.

Pebalap berkebangsaan Swiss itu diketahui kerap terlibat dalam program-program motorsport yang sedang berkembang di bawah naungan Volkswagen Group. Bersama Andre Lotterer, ia mewakili Porsche untuk turun pertama kali di ajang Formula E 2019-2020.

Bos pengembangan teknis Audi, Oliver Hoffmann, menilai pengalaman Jani bisa membantu mereka mengembangkan mesin mobil.

"Sama seperti dalam pengembangan produksi, simulasi memainkan peran utama dalam proyek Formula 1 kami,” tuturnya.

"Simulator kami adalah alat penting untuk pengembangan unit daya. Dibutuhkan seorang pengemudi pengembangan yang selain memahami teknologi, juga memiliki pengalaman serbaguna dalam proyek ini, terutama dalam hal manajemen energi dalam kondisi balap,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Neel Jani, Audi, F1 2023, F1 2026, Sauber

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/audi-tunjuk-neel-jani-jadi-pebalap-simulator-pada-f1-2026
453  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini