Strategi Ganti Kiper Teco Gagal, Bali United Kalah Adu Penalti

Penulis: Dayat Huri
Selasa 13 Apr 2021, 05:15 WIB
Teco gagal bawa Bali United ke semifinal Piala Menpora

Laga PSS Sleman kontra Bali United di perempat final Piala Menpora/foto dok Bali United

Berita Liga 1 Indonesia: Strategi Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco yang mengganti kiper utama timnya, Wawan Hendrawan dengan Samuel Reimas untuk menghadapi babak adu penalti gagal dan membuat timnya harus tersingkir dari Piala Menpora 2021.

Bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Senin (12/4) malam, Bali United yang tampil dengan kekuatan terbaiknya mampu tampil lebih dominan dan lebih banyak menekan lini pertahanan PSS Sleman.

Sejumlah peluang berhasil diciptakan Fadil Sausu dan kawan-kawan, masing-masing melalui Yabes Roni, Willian Pacheco, dan Ricky Fajrin harus puas menutup paruh pertama dengan skor kacamata 0-0.

PSS Sleman sendiri bukan tanpa peluang. Mengandalkan kecepatan Irfan Jaya dan Nico Velez, tim asuhan Dejan Antonic juga beberapa kali mampu mengancam gawang Wawan Hendrawan.

Di babak kedua, kedua tim mencoba melakukan beberapa pergantian. Bali United menarik Rizky Pellu digantikan Lerby Eliandry dan Yabes Roni digantikan Rahmat pada menit ke-59.

Strategi ini pun terbilang berhasil, pada menit 61 kerja sama Rahmat, Spasojevic dan Lilipaly hampir merubah keadaan depan gawang Ega Rizky. Sayang bola melemah saat dilesakkan Lilipaly gagal berbuah gol.

Upaya Serdadu Tridatu untuk mencetak gol pembuka semakin sulit karena Andhika Wijaya diganjar kartu merah usai menghalau bola saat melakukan pertahanan. Teco pun mengubah taktik untuk bisa melawan skuad full tim lawan. Usai cooling break, Spasojevic ditarik keluar digantikan Dias Angga Putra. Lalu Fadil keluar digantikan Sidik Saimima.

Di penghujung babak, Teco melakukan pergantian di sektor penjaga gawang untuk mengantisipasi adu penalti. Dia menarik Samuel Reimas untuk menggantikan Wawan Hendrawan.

Sayang, di babak adu penalti, strategi pelatih asal Brasil itu tidak berjalan efektif. Tendangan Dias Angga dan Willian Pacheco berhasil diamankan Ega Rizky. Sedangkan dua tendangan dari Stefano Lilipaly dan Lerby Eliandry berhasil masuk.

Sementara Samuel Reimas yang dimasukkan untuk menghadapi babak adu penalti justru gagal membuat penyelamatan dan empat eksekutor Super Elang Jawa, yaitu Irfan Jaya, Kim Jefry, Fabiano Beltrame, dan Wahyu Sukarta berhasil menjalankan tugasnya dengan maksimal. PSS Sleman pun lolos ke semifinal dengan keunggulan 4-2.

Artikel Tag: Teco, Bali United, PSS Sleman

551  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini