Satu Pemain Positif Corona, Ini Langkah Tim Medis Persib

Penulis: M. Aldi
Senin 30 Mar 2020, 22:50 WIB
Satu Pemain Positif Corona, Ini Langkah Tim Medis Persib

Pemain Persib ketika berlatih

Berita Liga 1 Indonesia: Satu pemain Persib Bandung positif terinfeksi virus corona yaitu Wander Luiz. Striker berpaspor Brasil itu sudah memberi konfirmasi dia mengidap corona usai melakukan tes tengah pekan lalu.

Pihak Persib pun lantas menjelaskan langkah yang mereka ambil setelah satu pemain dinyatakan positif. Rafi Ghani mengatakan pihak klub tidak akan melakukan tes lanjutan pada pemain lain karena tidak ada yang menunjukkan gejala.

"Kalau pemeriksaan itu sebetulnya kan prioritasnya untuk yang bergejala atau yang dinyatakan suspek Corona. Kemarin Wander Luiz memang diperiksa dan terjaring positif," tutur Dokter tim Persib itu ketika diwawancara.

Tim medis Persib hanya mengambil sampel Fabiano Beltrame yang memang dekat dengan wander Luiz di tim. Dan hasilnya Fabiano negatif corona. Menurutnya itu bisa jadi acuan bahwa punggawa tim lain tidak tertular.

"Tapi orang-orang yang dekat di sekitarnya kan tidak, seperti Fabiano. Karena kita sudah lakukan tidak ada kontak fisik dan social distancing dari 3 Maret lalu," lanjut dokter yang sudah bekerja lebih dari 10 tahun di Persib itu.

Menurutnya pemain lain hanya harus mengisolasi diri mereka di rumah masing-masing. "Ini kan artinya sekarang tidak ada yang sakit di tim, tetapi SOP-nya karena pernah dekat, jadi mereka diumpamakan sebagai ODP, jadi kita lakukan isolasi mandiri selama 14 hari," kata Rafi.

Dia juga menegaskan pemain yang lain tidak perlu melakukan tes PCR. "Tidak usah. Tindakannya ya isolasi mandiri saja, karena sebenarnya tidak bergejala, tidak ada keluhan apa-apa di dalam tim semua sehat-sehat," lanjutnya.

Selama tidak ada keluhan menurutnya terpenting seluruh pemain disiplin mengkarantina diri di rumah selama 14 hari. Pasalnya itu merupakan waktu bagi tubuh untuk menetralisir virus andai tertular. Selain untuk menjaga agar orang lain tidak tertular.

"Self limited disease, jadi sembuh dengan sendirinya. Kan si Luiz sehat tidak ada keluhan apapun—batuk, pilek atau demam. Cuma dilakukan isolasi kan khawatirnya dia menularkan ke yang lain di luar kepada yang daya tahan tubuhnya rendah," tandas Rafi.

Artikel Tag: Rafi Ghani, Bandung, Persib

450  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini