Mourinho Ternyata Pernah Ramalkan Karier Kepelatihan Xabi Alonso pada 2010

Penulis: Febrian Kusuma
Kamis 08 Feb 2024, 08:30 WIB
Xabi Alonso

Xabi Alonso dan Jose Mourinho (Sumber: Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Jerman: Mantan gelandang andalan Timnas Spanyol, Xabi Alonso, memiliki karier kepelatihan yang cemerlang bersama Bayer Leverkusen. Ia berhasil mengantarkam anak asuhnya menjalani 30 laga tidak terkalahkan, setelah di pertandingan terakhir mereka membungkam VfB Stuttgart dengan skor 3-2 pada laga babak perempat final DFB Pokal 2023/24 (07/02).

Kehebatan Alonso sebagai pelatih diyakini tidak lepas dari pengalamannya menjadi anak asuh beberapa arsitek top sepakbola di masa jayanya sebagai pemain. Xabi Alonso tercatat pernah dilatih oleh Pep Guardiola, Rafael Benitez, Carlo Ancelotti, hingga Jose Mourinho.

Fakta itulah yang membuat Jose Mourinho sempat meramalkan kesuksesan karier kepelatihan Alonso pada tahun 2010 silam, atau 12 tahun sebelum namanya mulai dikenal sebagai arsitek top sejak mengambil alih kursi kepelatihan Bayer Leverkusen pada 2022 yang lalu.

“Dia memiliki kualitas yang harus dimiliki seorang 'metronom'. Saya yakin ketika dia gantung sepatu (pensiun), dia akan menjadi pelatih hebat jika dia menginginkannya,” ucap Mourinho di situs resmi FIFA.

‘Dia mengingatkan saya pada Pep Guardiola ketika saya memilikinya sebagai pemain. Saat ini dia sudah menjadi pelatih di lapangan,” lanjutnya.

Kini, Alonso yang sempat diisukan bakal menjadi pengganti Jurgen Klopp di kursi pelatih Liverpool pada musim depan itu, masih terikat kontrak bersama Bayer Leverkusen hingga musim panas 2026 mendatang. Alonso dan Mourinho pernah beradu taktik secara langsung saat Leverkusen berjumpa dengan AS Roma di babak semi-final Liga Europa 2022/23 yang lalu

Artikel Tag: Xabi Alonso, Jose Mourinho, Bayer Leverkusen

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/mourinho-ternyata-pernah-ramalkan-karier-kepelatihan-xabi-alonso-pada-2010
443  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini