Gianluigi Donnarumma, Tembok PSG yang Sulit Ditembus Oleh Tim-tim Lawan

Penulis: Ezi Yulia
Rabu 06 Mar 2024, 06:30 WIB
Gianluigi Donnarumma

Gianluigi Donnarumma (Foto: ligue1.com)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Prancis: Musim ini, penjaga gawang Paris Saint-Germain, Gianluigi Donnarumma, telah menjelma jadi sebuah tembok yang susah ditembus oleh tim-tim lawan.

Berikut adalah gambaran statistik ketangguhan pemain berusia 25 tahun di bawah mistar gawang Les Parisians, seperti dirangkum oleh laman ligue1.com.

Gianluigi Donnarumma telah melakukan penyelamatan-penyelamatan penting bagi Paris Saint-Germain untuk membantu mereka mencapai puncak klasemen Ligue 1. Mantan penjaga gawang AC Milan ini telah mencegah 9,8 gol musim ini, yang merupakan diferensial positif terbaik kedua untuk seorang penjaga gawang di lima liga top Eropa.

Hanya penjaga gawang RC Lens, Brice Samba, yang telah mencegah lebih banyak gol (10,9) daripada penjaga gawang PSG itu. Menyusul di belakang kedua kiper ini adalah Arthur Desmas dari Le Havre (8,6), Alvaro Vallés dari Las Palmas (8,1), dan Lucas Chevalier dari Lille LOSC (7,8).

Donnarumma mencatatkan enam penyelamatan saat menghadapi AS Monaco pada Jumat lalu, menandai pertandingan kelimanya musim ini di mana ia melakukan lebih dari lima penyelamatan dalam satu pertandingan Ligue 1. Hanya kiper Clermont Foot, Mory Diaw, yang melakukan lebih banyak penyelamatan daripada Donnarumma, yaitu delapan pertandingan.

Sejak bergabung dengan PSG pada 2021, Donnarumma telah mencatatkan 27 clean sheet dalam 76 pertandingan, jumlah clean sheet terbanyak di kompetisi kasta tertinggi Prancis selama periode ini.

Penjaga gawang Ligue 1 lainnya dengan catatan clean sheet yang baik adalah Pau López mencatatkan 26 clean sheet dalam 85 pertandingan, sementara Samba mencatatkan jumlah yang sama dalam 61 pertandingan. Marco Bizot menyusul dengan 25 clean sheet dalam 97 pertandingan, Alban Lafont memiliki 24 clean sheet dalam 93 pertandingan, dan Chevalier memiliki 24 clean sheet dalam 56 pertandingan.

Penampilan Donnarumma di Liga Champions berada sedikit di bawah standarnya saat bermain di Ligue 1. Ia melakukan setidaknya empat penyelamatan di lebih dari setengah pertandingannya (empat dari tujuh pertandingan) selama kompetisi musim ini.

Artikel Tag: Gianluigi Donnarumma, PSG

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/gianluigi-donnarumma-tembok-psg-yang-sulit-ditembus-oleh-tim-tim-lawan
385  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini