Duel Ederson Vs David De Gea, Siapakah Penjaga Gawang Paling Tangguh?

Penulis: Demos Why
Sabtu 07 Apr 2018, 11:27 WIB
Duel Ederson Vs David De Gea, Siapakah Penjaga Gawang Paling Tangguh?

Ederson vs David De Gea / Demos

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Baik Manchester City dan Manchester United merupakan dua tim yang paling sedikit kebobolan di Premier League sepanjang musim ini. Hal tersebut tak terlepas dari peran besar dua kiper tangguh milik kedua tim, yakni Ederson Moraes dan David De Gea. Lantas, siapakah yang paling tangguh diantara keduanya?

Manchester City dan Manchester United akan saling berhadapan pada lanjutan matchday ke-32 Premier League di Etihad Stadium, Sabtu (7/4) malam WIB. Dalam duel bertajuk Derby of Manchester ini, kedua tim yang sama-sama menduduki dua posisi teratas di tabel klasemen menargetkan kemenangan di laga ini.

Layaknya sebuah laga derby, pertandingan ini dipastikan akan bejalan sengit. Kiper dari masing-masing tim nyatanya memiliki perananan yang cukup penting guna membantu timnya terhindar dari kebobolan. Yang membuatnya unik, kedua kiper sama-sama memiliki catatan statistik yang menawan.

Ederson sendiri merupakan kiper utama City yang musim ini melakoni kompetisi debutnya di Premier League. Kiper berusia 24 tahun itu bisa disebut cepat melakukan adaptasi dengan gaya permainan The Cityzens sehingga dirinya kerap menjadi pilihan utama Pep Guardiola untuk mengisi sebagai penjaga gawang utama.

Dilansir dari premierleague.com, sepanjang musim 2017/18 Ederson telah membuat 14 kali clean sheet dari total 31 pertandingan. Bahkan dirinya sempat menggagalkan dua kali tendangan penalti lawan. Ederson sendiri menjadi salah satu kunci kesuksesan City menjadi tim yang paling sedikit kebobolan di kancah Liga Primer musim ini.

Tak mau kalah dari City, MU juga memiliki De Gea sebagai kiper utama mereka. Penjaga gawang yang kini berusia 27 tahun itu dalam beberapa musim terakhir menjadi andalan utama MU dan timnas Spanyol. Bahkan dalam beberapa musim, De Gea sukses menyabet gelar sebagai pemain terbaik MU. Tak heran jika dirinya hingga kini masih menjadi andalan Jose Mourinho di bawah mistar gawang The Red Devils.

Menurut catatan premierleague.com, sepanjang musim ini De Gea telah mencetak 16 kali clean sheet dan hanya kebobolan 21 kali. Berdasarkan catatan statistk tersebut, tidaklah mengerankan jika Ederson dan De Gea disebut sebagai dua kiper terbaik di Premier League sepanjang musim ini.

Apa yang telah ditorehkan dan ditampilkan oleh kedua kiper tersebut nyatanya tak luput dari pengamatan kiper asal Republik Irlandia, Shay Given, yang juga pernah berkiprah di Premier League.

Dalam sebuah analisa Given yang diterbitkan oleh Telegraph, dirinya menilai penampilan Ederson dan De Gea dengan nilai 36 (dari total nilai maksimal 40). Kedua kiper itu dianggap memiliki kekuatan serta kemampuan yang sepadan. Namun yang membedakannya adalah Ederson lebih bagus dalam hal pendistribusian bola sedangkan De Gea lebih unggul dalam menghentikan datangnya bola.

"Ia seperti pemain outfield (non-kiper), mungkin ia bahkan lebih baik ketimbang beberapa pemain tengah dalam urusan olah bola. Ia kiper terbaik dunia dengan menggunakan kaki, operan panjang atau pendek," ujar Given tentang Ederson.

"Bagi saya ia merupakan penyetop tembakan yang terbaik di dunia. Ia tampaknya semakin hebat saja; beberapa penyelamatan yang ia lakukan sungguh luar biasa. Mungkin kadang-kadang ia bikin dirinya sendiri terkesima," tutup Given mengomentari terkait penampilan De Gea.

Artikel Tag: ederson, David De Gea, Manchester City, Manchester United, Premier League

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/duel-ederson-vs-david-de-gea-siapakah-penjaga-gawang-paling-tangguh
3748  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini