Braif Fatari Jagokan Belgia Juara Piala Dunia 2022 Qatar

Penulis: Dayat Huri
Senin 14 Nov 2022, 01:30 WIB
Pemain Persija Jakarta, Braif Fatari

Pemain Persija Jakarta, Braif Fatari/foto dok Persija Jakarta

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Gelandang muda Persija Jakarta, Braif Fatari mengungkapkan bahwa dirinya lebih menjagokan Belgia untuk dapat merengkuh gelar juara Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar dalam beberapa hari ke depan.

Pemain 22 tahun itu mengungkapkan bahwa dia sebenarnya mengidolakan Perancis sejak kecil, namun performa Kylian Mbappe dan kawan-kawan setelah berhasil menjadi yang terbaik pada 2018 silam membuatnya tidak terlalu yakin.

"Saya sejak awal selalu mengidolakan Perancis karena materi pemainnya sangat bagus. Kamar saya didekorasi dengan semua pernak pernik Prancis. Pohon depan rumah pun saya panjat hanya untuk dipasang bendera Perancis," tuturnya seperti dikutip dari laman resmi Persija Jakarta.

"Namun saya lihat setelah mereka menang Piala Dunia 2018, permainan mereka berubah dan pemainnya terlihat angkuh. Terlihat saat Piala Eropa 2020 mereka kalah oleh Swiss di babak 16 besar. Kalau sekarang saya menjagokan Belgia, karena pemainnya memiliki materi yang sangat bagus," ucap Braif.

Lebih lanjut, pemain bernomor punggung 80 di tim Persija Jakarta itu menceritakan bahwa orang Papua sangat gila sepak bola. Negara besar seperti Argentina, Brazil, Jerman, dan Perancis kerap menjadi pilihan favorit di Papua. Termasuk juga Belanda di mana banyak pemain yang mempunyai darah orang Indonesia.

"Orang papua sangat senang dengan Belanda dan orang timur memang dari dulu suka dengan Belanda. Mungkin karena ada darah orang Ambon, makanya saat Belanda kembali lagi ke Piala Dunia mereka sangat antusias," ucap Braif.

Jebolan Garuda Select angkatan pertama itu menambahkan kefanatikan warga Papua akan sepak bola bertambah saat Piala Dunia akan bergulir.

"Mobil akan dicat sesuai warna negara yang didukung. Saya pernah lihat mobil di cat warna oranye karena mendukung Belanda. Selain itu mereka akan mengecat dan mendekor rumah mereka sesuai negara yang mereka dukung di Piala Dunia. Jadi mudah melihat siapa yang mereka dukung," katanya melanjutkan.

Menurut pemain kelahiran 22 tahun yang lalu itu, gelaran 2014 lalu merupakan Pyang paling meriah. Sebab banyak warga Papua yang konvoi di jalan ketika negara favoritnya sedang bertanding.

"Warga di sana sangat senang konvoi dan mereka sering sekali berpapasan di jalan lalu saling mengejek antar suporter. Tapi yang paling parah itu ketika final 2014, banyak yang kecewa dengan Argentina kalah di final melawan Jerman. Jadi mereka banyak yang membakar jersey Argentina dan walaupun mereka kecewa, mereka tetap lanjut konvoi," pungkasnya.

Artikel Tag: braif, persija jakarta, Piala Dunia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/braif-fatari-jagokan-belgia-juara-piala-dunia-2022-qatar
702  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini