Aturan Agresivitas Gol Tandang Tidak Berlaku, Begini Respon Robert

Penulis: M. Aldi
Kamis 15 Apr 2021, 21:45 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts (foto : Persib Official)

Berita Liga 1 Indonesia : Pertandingan semi final Piala Menpora 2021 digelar dalam format dua leg. Namun aturan mengenai agresivitas gol tandang tidak berlaku dan itu memantik komentar dari pelatih Persib, Robert Rene Alberts.

Memang unik regulasi yang berlaku. Pada umumnya laga yang digelar dalam sistem dua leg menganut aturan perhitungan gol tandang. Jadi jika skor agregat sama kuat, tim yang bisa mencetak gol lebih banyak di laga tandang yang unggul.

Hanya saja di Piala Menpora ini regulasi itu tidak dipakai oleh penyelenggara. Dalam panduan regulasi pasal 5 tentang sistem turnamen, di ayat 4 poin D, tertulis bahwa apabila dua tim yang bertanding mencetak skor akhir yang sama setelah bermain dua pertandingan, tidak berlaku gol tandang. Jika hal itu terjadi maka pertandingan semi final kedua langsung dilanjutkan dengan adu penalti.

Robert mengaku bahwa dia heran dengan peraturan yang kini diberlakukan di turnamen pramusim ini. Karena ini berbeda dengan apa yang berlaku pada umumnya. Namun di sisi lain, dia tetap menghormati itu.

"Ya setiap gol adalah gol. Jika skornya 1-1 dan 2-2, 3-2 dan 1-2, kami akan memainkan adu penalti. Tapi itu adalah peraturan dari turnamen dan kami mengikuti mereka," ujar pelatih Persib ini ketika diwawancara.

Aturan lain yang berbeda dari biasanya adalah tidak ada babak perpanjangan waktu jika di leg kedua skor imbang. Penentuan pemenang langsung diputuskan melalui duel tos-tosan.

Padahal menurut Robert, jika ada perpanjangan waktu maka dirinya punya satu kesempatan tambahan untuk melakukan pergantian pemain. Mengingat sang pelatih memang ingin banyak memberi menit bermain pada anak asuhnya di turnamen ini.

"Kami hanya bisa memasukan 21 pemain yang bisa diturunkan dalam daftar (susunan pemain) dan memasukan enam pergantian pemain karena tidak ada babak perpanjangan waktu," terang pelatih berpaspor Belanda tersebut.

"Peraturan yang asli pada turnamen, dimulai dari perempat final hingga seterusnya dilakukan babak perpanjangan waktu sehingga bisa memasukan satu pergantian lagi. Tapi mereka mengubah peraturannya lagi," ujarnya melanjutkan.

Sang pelatih pun tidak akan banyak melakukan eksprerimen dalam komposisi starter karena ini sudah masuk semi final. Baginya ini objektif yang harus dicapai adalah melaju ke grand final sehingga pemain terbaik yang harus turun.

"Jadi ini normal seperti biasanya lagi dan kami melanjutkan untuk bisa menurunkan pemain sebanyak mungkin. Selain tentu ada hasrat dari pemain untuk terus bermain di empat laga ke depan, bukan hanya tiga laga. Jadi kami harus lebih selektif dalam memilih pemain," tukasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Piala Menpora

579  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini