Junas Miradiarsyah Belum Terpikir Bikin Liga Pengembangan

Penulis: Senja Hanan
Jumat 29 Jul 2022, 17:33 WIB
Direktur IBL, Junas Miradiarsyah. (Images: IBL)

Direktur IBL, Junas Miradiarsyah. (Images: IBL)

Ligaolahraga.com -

Berita Basket IBL: Malaysia memang sudah membuat liga basket pengembangan atau D-League. Meski demikian, Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah menegaskan belum terpikir melakukan hal tersebut.

Sebagaimana diketahui, Malaysia membuat kejutan dengan membuat kompetisi pengembangan pemain berbakat yakni Malaysia D-League yang digelar serupa kompetisi bola basket kelompok usia di bawah 23 tahun (U-23). Malaysia D-League dijadwalkan mulai bergulir Sabtu (30/7).

Kabar Malaysia D-League cukup menarik perhatian masyarakat penggemar bola basket di Indonesia, sebab keberadaan Andika Saputra yang dipercaya menjadi pelatih tim asal Brunei Darussalam, Pegasus, serta keikutsertaan klub asal Indonesia, BBM CLS Knights.

Junas mengaku bahwa pihaknya tertarik dan sudah terpikirkan wacana agar IBL memiliki liga pengembangan semacam itu, tapi hal itu harus lebih didahului kemapanan untuk kompetisi utamanya.

"Kita perlu make sure dulu utamanya going proper lah. Proper dan sustain," katanya kepada Antara saat dihubungi dari Jakarta, Kamis.

Junas mengingatkan sejak menjabat sebagai Dirut IBL, dirinya dihadapkan pada sejumlah situasi sulit termasuk pandemi COVID-19 yang mempengaruhi jadwal IBL secara langsung maupun lewat perubahan jadwal kompetisi lain yang turut berdampak terhadap IBL. 

"Jadi kita musti pastikan dulu secara firm untuk yang utamanya benar jalan konsisten 2-3 tahun enggak ada perubahan signifikan, baru kita rencanakan untuk level di bawahnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Junas Miradiarsyah uga mengaku konsep liga pengembangan dengan batasan usia tersebut memerlukan peran aktif Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) yang biasanya menggelar kompetisi-kompetisi kelompok umur (KU).

Dia juga mengingatkan bahwa kualitas kompetisi antara IBL dan liga pengembangan tidak boleh terlalu tajam, apabila menginginkan penjenjangan kompetisi yang bermanfaat.

"Ya semisal seperti NBA, antara NBA dengan G League, kan Jordan Poole juga sempat di G League tapi di NBA bisa bicara. Karena kalau levelnya kejauhan jadi agak percuma," ujarnya.

Artikel Tag: IBL, Junas Miradiarsyah

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/junas-miradiarsyah-belum-terpikir-bikin-liga-pengembangan
716  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini