Rashid Sidek Dukung Lee Zii Jia Mempunyai Tim Pelatih Yang Solid

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 06 Feb 2023, 15:30 WIB
Rashid Sidek Dukung Lee Zii Jia Mempunyai Tim Pelatih Yang Solid

Indra Wijaya-Lee Zii Jia/[Foto:Bernama]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Legenda bulu tangkis Malaysia, Rashid Sidek, yakin pebulutangkis tunggal putra bermasalah Lee Zii Jia membutuhkan lebih dari sekadar pelatih yang baik.

Rashid merasa pemain independen berusia 25 tahun itu harus membentuk tim pendukung yang solid jika ingin melangkah jauh dalam kariernya.

Peringkat 4 dunia, Lee Zii Jia mendapat kecaman keras belakangan ini setelah membuat serangkaian keputusan kontroversial.

Dari meninggalkan Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) tahun lalu untuk menjadi profesional, hingga melewatkan Pesta Olahraga Persemakmuran Birmingham dan kemudian memecat mantan pelatihnya Indra Wijaya, Zii Jia telah menarik kritik dari beberapa pihak dalam persaudaraan bulu tangkis.

Rashid berkata: "Daripada hanya (mempekerjakan) seorang pelatih, Zii Jia perlu memiliki tim yang bagus dan rencana yang bagus untuk mengidentifikasi kelemahannya dan memperbaikinya. Sekarang, terutama saat dia sedang down, dia membutuhkan dukungan kita."

Rashid berbicara setelah meresmikan kampanye Charity at Heart di Kuala Lumpur kemarin, sebuah inisiatif dari Milo dan Pavilion Bukit Jalil.

Lee Zii Jia, yang mengantongi gelar Kejuaraan Asia serta mahkota Thailand Open tahun lalu, tidak memiliki awal yang terbaik di musim 2023. Dia menderita tiga kali berturut-turut tersingkir di Malaysia Open (Super 1000), India Open (Super 750) dan Indonesia Masters (Super 500).

Terlepas dari penurunan performanya baru-baru ini, Zii Jia masih masuk dalam skuat beranggotakan 16 orang yang akan bertanding di Kejuaraan Beregu Campuran Asia Bulutangkis (BAMTC) di Dubai dua minggu dari sekarang.

Rashid, mencatat bahwa sebagai pemain profesional, sangat penting bagi Zii Jia untuk memiliki tim yang kuat dan andal yang harus terdiri dari manajer berpengalaman, rekan tanding, serta pelatih fisik.

“Kita tidak bisa hanya melihat penampilannya (Zii Jia). Sebagai pemain independen, normal mengalami pasang surut,” katanya.

"Jika itu saya, saya akan mencari pelatih yang baik dan tim yang kuat untuk membantu saya dalam pelatihan dan persiapan mental saya, sehingga saya dapat sepenuhnya fokus pada permainan saya.”

“Menjadi pemain top tidaklah mudah. ​​Dibutuhkan banyak kerja keras, dedikasi dan perencanaan turnamen yang tepat. Tidak bisa main di sembarang turnamen, harus ada perencanaan strategis,” tambah peraih medali perunggu Olimpiade 1996 itu.

Rashid saat ini terikat dengan Kementerian Pendidikan. Dia juga mengelola akademi bulu tangkis pribadinya, Klub Bulu Tangkis Rashid Sidek.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, rashid sidek

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/rashid-sidek-dukung-lee-zii-jia-mempunyai-tim-pelatih-yang-solid
789  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini