Mantan Pelatih Puji Kegigihan Goh Jin Wei Yang Berjuang Dengan Rasa Sakit

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 15 Sep 2021, 13:15 WIB
Mantan Pelatih Puji Kegigihan Goh Jin Wei Yang Berjuang Dengan Rasa Sakit

Goh Jin Wei/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Mantan pelatih kepala tunggal putri Datuk Tey Seu Bock memuji Goh Jin Wei sebagai petinju setelah ia berjuang sekuat tenaga sebelum akhirnya menggantung raketnya.

Seu Bock, yang melatih Goh Jin Wei ketika dia mencapai performa terbaiknya antara 2018 dan 2019, mengungkapkan bahwa Jin Wei telah berjuang melawan penyakit perutnya selama hampir tiga tahun sekarang.

“Itu tidak terjadi pada 2019,” kata Seu Bock, yang kini menjadi wakil Hendrawan di tim tunggal putra.

“Jin Wei pertama kali mengalami masalah kesehatan ini pada tahun 2018 sebelum Commonwealth Games (di Gold Coast, di mana dia tidak masuk skuat)."

“Awalnya tidak terlalu mengganggu, tetapi semakin memburuk secara bertahap hingga mencapai titik di awal 2019 dia harus mulai minum obat. Tapi dia seorang petarung, dia tetap bertahan meskipun kesakitan dan masih mampu menghasilkan permainan terbaiknya," ungkapnya.

“Sungguh menakjubkan bahwa dia masih berhasil mencapai banyak prestasi hebat selama periode itu. Dia pantas mendapatkan banyak pujian atas semangat juangnya.”

Setelah memenangkan emas SEA Games Kuala Lumpur 2017, Jin Wei melanjutkan kemajuannya yang luar biasa pada tahun berikutnya dengan meraih kemenangan berturut-turut di Youth Olympic Games di Buenos Aires dan Kejuaraan Dunia Junior di Markham, Kanada.

Gelar juara dunia junior adalah yang kedua, menyusul kemenangan sebelumnya di Lima, Peru, pada 2015.

Penampilan yang menggembirakan ini membuat Jin Wei dengan berani menyatakan bahwa dia mengincar medali di Olimpiade Tokyo.

Dia menjadi pembicaraan dengan mencapai tiga semifinal dalam empat World Tour dimulai antara November 2018 dan Maret 2019.

Goh Jin Wei mengalahkan pemain seperti Akane Yamaguchi dari Jepang, He Bingjiao dari China dan Zhang Beiwen dari Amerika dalam perjalanan ke empat besar Master Korea, Malaysia Master dan German Open.

Tetapi penyakit perutnya akhirnya memakan korban dan dia harus menjalani operasi kolektomi untuk mengangkat sebagian usus besarnya pada Oktober 2019. Sejak saat itu, itu adalah awal dari akhir bagi Jin Wei.

“Sangat disayangkan bahwa seorang pemain dengan bakat luar biasa harus pensiun sebelum waktunya. Tapi saya yakin dia telah melakukan semua yang dia bisa sebelum membuat keputusan sulit untuk berhenti," kata Seu Bock.

Seu Bock menambahkan bahwa Jin Wei akan menjadi pemain top 10 dunia jika bukan karena masalah kesehatannya.

“Dia adalah pemain tunggal putri terbaik yang kami miliki sejak Wong Mew Choo. Dia calon top-10, tidak ada keraguan tentang itu," katanya.

“Jin Wei memiliki hampir segalanya, di antaranya adalah kekuatan dan kecerdasan. Satu-satunya hal yang hilang adalah tinggi badannya. Dia bisa menjadi pemain yang hebat," tegas Seu Bock.

Artikel Tag: Goh Jin Wei, Seu Bock

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/mantan-pelatih-puji-kegigihan-goh-jin-wei-yang-berjuang-dengan-rasa-sakit
578  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini