Leong Jun Hao Siap Gantikan Ng Tze Yong Jadi Tunggal Kedua di Piala Thomas

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 20 Apr 2024, 16:30 WIB
Leong Jun Hao Siap Gantikan Ng Tze Yong Jadi Tunggal Kedua di Piala Thomas

Leong Jun Hao/[Foto: Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pemain tunggal putra Leong Jun Hao sedang panas-panasnya untuk maju dan tampil di nomor tunggal kedua di Final Piala Thomas mulai 27 April hingga 5 Mei di Chengdu tanpa kehadiran Ng Tze Yong.

Pemain peringkat 3 negara itu, Jun Hao, akan dipromosikan ke tunggal kedua setelah peringkat 2 Tze Yong absen dari pertandingan tim setelah gagal pulih sepenuhnya dari operasi punggung.

Pemain tunggal lainnya dalam tim adalah Lee Zii Jia, Cheam June Wei dan pemain muda Justin Hoh.

Pemain ganda Choong Hon Jian dipanggil untuk menggantikan tempat kosong yang ditinggalkan Tze Yong di tim.

Hon Jian kini akan bergabung dengan rekannya Mohd Haikal Nazri, Aaron Chia, Soh Wooi Yik, Goh Sze Fei dan Nur Izzuddin Rumsani di susunan ganda.

Meskipun pilihan Malaysia di nomor ganda cukup solid, namun di nomor tunggal terlihat lemah.

Leong Jun Hao yang saat ini menduduki peringkat 37 dunia menghadapi tugas berat untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan peringkat 18 dunia Tze Yong.

Ini bukan pertama kalinya dia diminta mengambil tanggung jawab lebih besar di ajang beregu tahun ini.

Dalam Kejuaraan Beregu Asia pada bulan Februari di Shah Alam, Jun Hao bermain sebagai tunggal kedua di hampir seluruh turnamen dan bahkan di tunggal pertama melawan Tiongkok di final setelah Zii Jia menderita masalah sinus.

Pemain berusia 24 tahun ini menerima tantangan tersebut, masing-masing mengalahkan pemain Taiwan Lee Chia-hao dan Joel Koh dari Singapura di babak penyisihan grup dan perempat final sebelum kalah melawan pemain Jepang Koki Watanabe dan pemain China Weng Hongyang di empat besar dan final. Malaysia menjadi runner-up setelah kalah 0-3 dari China.

Leong Jun Hao perlu menunjukkan semangat juang yang sama di Piala Thomas di mana ia akan menghadapi lawan yang lebih sulit.

Di babak penyisihan grup, juara Asia Junior 2017 kemungkinan akan melawan pemain peringkat 4 dunia Anders Antonsen dari Denmark dan peringkat 27 dunia Angus Ng Ka Long dari Hong Kong setelah Malaysia diadu melawan kedua negara di Grup D.

Malaysia akan membuka kampanye mereka melawan Hong Kong sebelum bermain melawan Aljazair dan juara 2016 Denmark.

Direktur kepelatihan nasional asal Indonesia, Rexy Mainaky mengakui peluang Malaysia bertahan di grup akan bergantung pada dua tunggal putra pertama Zii Jia dan Jun Hao.

"Kemenangan melawan Hong Kong akan bergantung pada dua single pertama kami Zii Jia dan sekarang Jun Hao, kata Rexy.

“Ini akan menjadi pertandingan pertama yang sulit bagi kami dan kami juga harus memastikan kedua pasangan ganda kami bisa meraih poin juga. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan kami bisa menang 4-1 atau 3-2."

“Kami akan punya satu leg di perempat final jika kami mengalahkan Hong Kong,” tambah Rexy. Hanya dua tim teratas di grup yang akan lolos ke delapan besar.

Artikel Tag: Leong Jun Hao, rexy mainaky, Piala Thomas 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/leong-jun-hao-siap-gantikan-ng-tze-yong-jadi-tunggal-kedua-di-piala-thomas
884  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini