banner babe

Hendry Saputra Beberkan Rahasia Performa Jonatan Christie

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 17 Jun 2019, 20:05 WIB
Hendry Saputra Beberkan Rahasia Performa Jonatan Christie

Jonatan Christie/[Foto:PBSI]

Berita Badminton: Penampilan pebulutangkis tunggal putra Indonesia peringkat 7 dunia, Jonatan Christie, dalam beberapa turnamen terakhir mengalami lonjakan performa yang cukup signifikan. Kepala pelatih tunggal putra PP PBSI, Hendy Saputra, membeberkan beberapa hal terkait anak asuhnya itu.

Setelah berhasil merebut medali emas di kejuaraan Asian Games 2018 lalu, penampilan Jonatan di turnamen World Tour sempat stagnan, bahkan cenderung menurun hingga akhir tahun lalu. Namun, peruntungan pemain berusia 21 tahun itu perlahan membaik di awal tahun dan terus meningkat hingga mampu meraih juara World Tour pertama kalinya di New Zealand Open 2019 April lalu.

Tak sampai di situ, Jonatan mampu melanjutkan momentumnya untuk merebut gelar Australia Open beberapa waktu dengan menangi perang saudara melawan rekan senegaranya, Anthony Sinisuka Ginting.

Menurut Hendry, penampilan apik Jonatan di dua turnamen beruntun di New Zealand dan Australia disebabkan karena sang pemain mempunyai fisik dan juga stamina yang prima serta selalu fokus dalam membaca situasi dan pola permainan lawan.

"Jonatan dalam kondisi fisik yang prima, dia itu memang staminanya harus bagus. Jonatan mainnya perlu durasi panjang, tempo lama, jadi awalnya itu dulu, teknik dan cara main saya lihat dia bisa lebih menguasai," ungkap Hendry.

"Kedua, dari fokusnya Jonatan dan seberapa besar ambisinya untuk raih gelar. Tiga hal ini paling penting buat Jonatan. Kalau dibilang main lebih safe, memang kalau ketemu kompetitor dia, rata-rata memang sudah lebih safe. Dari beberapa stroke pukulan yang biasanya dia nggak yakin, sekarang lebih berani diterapkan dan menguntungkan, dari pukulan tipuan, atau ubah-ubah arah pukulan. Dari strategi pun sudah lebih baik," beber Hendry.

Jonatan Christie diharapkan mampu melanjutkan performa impresifnya di turnamen bergengsi di kandang sendiri di Indonesia Open 2019 World Tour Super 1000 pada 16 hingga 21 Juli mendatang.

Artikel Tag: Jonatan Christie, Hendry Saputra, Anthony Sinisuka Ginting, PBSI

1781  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini