Hendrawan Puas Dengan Peningkatan Ng Tze Yong Tahun Ini

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 29 Nov 2023, 04:45 WIB
Hendrawan Puas Dengan Peningkatan Ng Tze Yong Tahun Ini

Ng Tze Yong-Chico Wardoyo/[Foto:BadmintonPhoto]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Tidak diragukan lagi, tahun 2023 telah menjadi musim terbaik bagi pemain tunggal putra Ng Tze Yong meskipun ia tidak memenangkan gelar apa pun.

Pemain berusia 23 tahun ini naik ke peringkat 15 besar dunia untuk pertama kalinya, mengalahkan beberapa pemain top, termasuk peringkat 1 dunia Viktor Axelsen dari Denmark satu kali dan yang paling penting adalah bermain dengan percaya diri.

Pelatih tunggal asal Indonesia, Hendrawan puas dengan penampilan Ng Tze Yong secara keseluruhan tahun ini dan siap untuk lebih meningkatkan profilnya untuk musim depan.

“Tze Yong telah menunjukkan peningkatan tahun ini dengan mencapai perempat final, semi final, dan final di turnamennya,” kata Hendrawan yang telah membimbing Tze Yong selama dua tahun terakhir.

“Targetnya selanjutnya adalah memenangkan gelar. Dan dia masih dalam jalur untuk lolos ke Olimpiade Paris tahun depan.”

Ng Tze Yong, yang naik dari peringkat 28 dunia pada awal tahun menjadi peringkat 14 dunia saat ini, telah mencapai perempat final tujuh kali tahun ini termasuk dalam debutnya di Asian Games di Hangzhou bulan lalu.

Hendrawan mengatakan, puncak performa Tze Yong adalah di Arctic Open, di mana ia finis sebagai runner-up di bawah Lee Zii Jia pada bulan lalu.

 “Menurut saya turnamen terbaik Tze Yong adalah di Finlandia,” katanya.

Hendrawan pun memilih debut Tze Yong di All England sebagai salah satu yang menarik.

“Ini turnamen paling berkesan bagi Tze Yong karena ia mengalahkan pemain terbaik dunia sebelum kalah di perempat final,” ujarnya.

Di turnamen inilah Tze Yong menunjukkan kemampuannya dengan mengungguli Axelsen di ronde kedua, yang mungkin memberinya kepercayaan diri yang selama ini ia cari.

Jika ada satu turnamen yang Hendrawan ingin putar kembali waktu, itu adalah Australia Open 2023.

“Dia punya peluang terbaik di sini, tapi dia melewatkannya.”

Tze Yong kalah bertarung 21-17, 24-26, 19-21 dari Zii Jia di perempat final.

Ada juga beberapa kekecewaan karena Tze Yong harus menghadapi cedera dan ekspektasi yang meningkat, tetapi Hendrawan mengatakan dia merasa sulit untuk menghadapi pembicaraan kosong.

“Salah satu kekecewaan saya tahun ini berkaitan dengan orang-orang yang tidak mengetahui situasi sebenarnya tetapi memberikan kritik seolah-olah mereka tahu segalanya,” ujarnya.

Berkat kinerja yang lebih kuat di paruh kedua tahun ini, Tze Yong bisa saja lolos ke Wold Tour Finals akhir musim bergengsi di Hangzhou pada 13-17 Desember setelah finis di posisi kedelapan dalam peringkat Race to Finals.

Delapan pemain teratas biasanya akan lolos tetapi Kunlavut Vitidsarn dari Thailand, yang finis di urutan kesembilan, malah mendapat satu tempat setelah muncul sebagai juara dunia pada bulan Agustus.

Tze Yong perlu mempertahankan posisinya di peringkat 16 besar dunia hingga akhir periode kualifikasi Olimpiade pada bulan April tahun depan agar dapat lolos dan akan mendapatkan awal yang baik di tahun baru ketika ia beraksi di Malaysia Open Super 1000 pada 9-14 Januari di Bukit Jalil.

Artikel Tag: ng Tze Yong, hendrawan

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/hendrawan-puas-dengan-peningkatan-ng-tze-yong-tahun-ini
212  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini