Enam Pemain Malaysia Yang Positif Covid-19 Akan Segera Kembali Berlatih

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 19 Apr 2021, 17:00 WIB
Enam Pemain Malaysia Yang Positif Covid-19 Akan Segera Kembali Berlatih

Akademi Badminton Malaysia/[Foto:NST]

Berita Badminton : Enam pebulutangkis tim nasional Malaysia, yang dites positif Covid-19, harus bisa bangkit kembali sebelum kembali beraksi bulan depan.

Kabar baiknya adalah tidak ada dari mereka yang menjadi bagian dari tugas tim berikutnya, India Open di New Delhi dari 11-16 Mei 2021.

Dua pemain telah dimasukkan untuk Spanyol Masters di Huelva pada minggu berikutnya (18-23 Mei), sementara empat pemain Malaysia lainnya kemungkinan besar akan disebutkan untuk timnas Slovenia tingkat tujuh berturut-turut di Maribor (19-22 Mei) dan Austria Open di Graz (27-30 Mei).

Oleh karena itu, para pemain ini, yang semuanya asimtomatik, harus memiliki setidaknya dua minggu persiapan yang solid begitu mereka kembali untuk latihan.

Bagaimanapun, mereka dapat mengambil hati dengan fakta bahwa beberapa pebulutangkis membuktikan bahwa Covid-19 bukanlah halangan bagi mereka untuk bangkit kembali setelah pulih dari penyakit tersebut.

Misalnya, peringkat 3 dunia Anders Antonsen dari Denmark memenangkan World Tour Finals di Bangkok pada bulan Januari, hampir sebulan setelah tertular Covid-19.

Pemain nomor 30 dunia asal India, HS Prannoy, juga, setelah pulih dari virus, tampil sangat baik melawan dua lawan 10 teratas dunia selama putaran Asia World Tour pada bulan Januari.

Dia kalah dalam tiga game melawan Lee Zii Jia di putaran pertama Thailand Open I dan kemudian mengalahkan Jonatan Christie dari Indonesia untuk mencapai babak 16 besar di Thailand Open II minggu berikutnya.

Tetapi Prannoy mencatat bahwa Corona dapat memengaruhi seseorang secara mental.

"Ini jenis penyakit yang sangat berbeda," kata Prannoy.

“Masalah utamanya adalah psikologis. Jika Anda merasakan sakit, Anda mengira itu karena virus. Secara mental, Anda sangat stres selama dua minggu, karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi, dan dokter juga tidak dapat memberi tahu Anda."

"Kondisi saya tidak pernah memburuk, tetapi Anda tidak tahu apa yang dilakukannya pada tubuh Anda," ungkapnya.

Tetapi perlu dicatat bahwa efek Covid-19 bervariasi dari individu ke individu. Pemain spesialis ganda campuran asal Inggris, Gabrielle Adcock, adalah salah satu yang sangat terpengaruh oleh Covid-19, karena dia dan suaminya Chris tidak dapat kembali ke kompetisi setelah terjangkit virus mematikan pada akhir Desember.

Pemain peringkat 14 dunia itu telah melewatkan All England bulan lalu di kandang dan tidak akan mempertahankan gelar Kejuaraan Eropa minggu depan di Ukraina.

Artikel Tag: Malaysia, Covid-19, HS Prannoy, Lee Zii Jia

531  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini