Demi Posisi Unggulan di Olimpiade, Lee Zii Jia Berangkat ke India Open

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 07 Apr 2021, 22:00 WIB
Lee Zii Jia etap Berangkat ke India Open 2021

Lee Zii Jia-Victor Axelsen/[Foto:AFP]

Berita Badminton : Federasi Badminton Malaysia (BAM) telah mengubah keputusan mereka sebelumnya dengan mendaftarkan Lee Zii Jia untuk turnamen India Open Super 500 pada 11-16 Mei mendatang.

Badan nasional menyimpulkan bahwa penting bagi pebulutangkis berusia 23 tahun itu untuk bersaing di New Delhi guna mengamankan unggulan yang bagus untuk Olimpiade Tokyo pada Juli.

Baru minggu lalu, BAM mengumumkan bahwa juara All England 2021, Lee Zii Jia akan melewatkan turnamen Super 500 untuk fokus pada pelatihan dan persiapan untuk Malaysia Open pada 25-30 Mei.

Namun, keputusan itu dibatalkan ketika BAM menyadari bahwa sangat penting bagi Lee Zii Jia untuk menembus delapan besar daftar Race to Tokyo untuk mengamankan unggulan yang baik untuk Olimpiade.

Saat ini, pemain kelahiran Kedah itu menduduki peringkat ke-9 dalam daftar tersebut.

Sebelumnya, unggulan ditentukan berdasarkan peringkat dunia, namun karena Covid-19, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) malah akan menyusun unggulan berdasarkan daftar Race to Tokyo.

Singapore Open pada 1-6 Juni akan menjadi turnamen World Tour terakhir yang menawarkan poin kualifikasi Olimpiade.

"Kami telah mengirimkan nama Zii Jia untuk India Open," ungkap direktur pelatih BAM Wong Choong Hann.

"Awalnya, kami ingin mengistirahatkan dia, tetapi kemudian kami menyadari bahwa dia masih bisa berjuang untuk menjadi unggulan kedelapan di Olimpiade. Itu bisa berarti sesuatu."

Sementara itu, Lee Zii Jia, Pearly Tan dan M. Thinaah melakukan audiensi khusus dengan Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah dan Raja Permaisuri Agong Tunku Hajah Azizah Aminah Maimunah Iskandariah di Istana Negara kemarin.

Zii Jia mempersembahkan raket pemenang All England-nya kepada Yang Mulia, sementara Pearly-Thinnah menunjukkan plakat kemenangan Swiss Open mereka.

Turut diundang untuk acara minum bersama adalah Menteri Olahraga Datuk Seri Reezal Merican Naina Merican, presiden BAM, Datuk Seri Norza Zakaria, sisanya yang bermain di All England dan staf pelatih.

Artikel Tag: bam, Lee Zii Jia, India Open 2021

4089  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini