Begini Target Jangka Panjang Nova Widianto Untuk Ganda Campuran Malaysia

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 27 Mei 2024, 22:30 WIB
Begini Target Jangka Panjang Nova Widianto Untuk Ganda Campuran Malaysia

Nova Widianto/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Tidaklah bijaksana untuk hanya mengandalkan satu pasangan teratas, namun pelatih ganda campuran tim nasional Malaysia asal Indonesia, Nova Widianto mengakui bahwa merupakan tugas berat untuk menghasilkan lebih banyak pemain guna memastikan kesinambungan di departemen di bawah Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM).

Harapan tertuju pada pemain peringkat 9 dunia Chen Tang Jie/Toh Ee Wei untuk tampil baik di turnamen, karena mereka adalah satu-satunya pasangan yang menonjol di tim nasional.

Mereka juga menjadi satu-satunya pasangan ganda campuran yang lolos ke Olimpiade Paris pada Juli mendatang.

Nova menyadari perlunya mengembangkan lebih banyak pemain setelah menyadari kesenjangan yang signifikan antara Tang Jie-Ee Wei dan pasangan lain di BAM.

Namun, misinya untuk mengembangkan lebih banyak pemain menemui hambatan karena kurangnya pemain wanita.

“Harus jujur, (pemain) perempuan di Malaysia tidak banyak, tapi menurut saya akan ada pemain untuk dua atau tiga pasang,” kata juara dunia dua kali asal Indonesia itu.

“(Atlet) senior juga jangan langsung pensiun agar Malaysia punya banyak pasangan bagus. Memang saya punya target sendiri dan kalau bisa setelah ini ganda campuran bisa menjadi fokus di Malaysia, toh dari awal sudah ada."

“Chan Peng Soon (dan Goh Liu Ying) juga meraih medali perak di Olimpiade 2016, jadi saya harap kami bisa terus melanjutkan dan berbuat lebih baik.”

Belum ada pasangan campuran lain yang menandingi prestasi Peng Soon-Liu Ying di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Nova Widianto sependapat dengan komentar mantan legenda ganda campuran Chan Peng Soon, yang pensiun pada Rabu pekan lalu, bahwa ganda campuran harus mendapat perhatian yang sama dengan sektor lainnya. Ia percaya bahwa mengizinkan pemain muda bermain di dua ajang akan membantu perkembangan mereka sebagai pemain bulu tangkis.

“Tidak masalah (memainkan dua kategori) karena tidak permanen dan ini membuat mereka bisa menambah pengalaman,” kata Nova Widianto.

“Setelah kondisinya lebih stabil, fokus akan diberikan pada peristiwa tertentu sesuai dengan potensinya.”

Dalam Malaysia Masters pekan lalu , BAM tidak memiliki wakil di final nomor ganda campuran setelah Tang Jie/Ee Wei tersingkir di semifinal setelah kalah dari pasangan independen Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie pada hari Sabtu yang akhirnya keluar sebagai juara.

Yap Roy King/Valeree Siow dan Choong Hon Jian/Go Pei Kee gagal menyelesaikan babak pertama mereka sementara Hoo Pang Ron/Cheng Su Yin tersingkir di babak 16 besar.

Artikel Tag: Nova Widianto, bam

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/begini-target-jangka-panjang-nova-widianto-untuk-ganda-campuran-malaysia
519  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini