Kanal

Yamaha Rela Rogoh Kocek Demi Pertahankan Fabio Quartararo

Penulis: Abdi Ardiansyah
21 Nov 2022, 20:30 WIB

Fabio Quartararo

Berita MotoGP: Anggota Dewan KTM, Hubert Trunkenpolz, mendengar kabar Fabio Quartararo akan digaji sebesar 10 juta Euro (Rp 161 Miliar) oleh Yamaha pada kejuaraan tahun depan.

Fabio Quartararo telah memperbarui kontraknya dengan Yamaha di pertengahan msuim 2022. Pemuda asal Prancis itu akan bertahan di tim pabrikan sampai akhir 2024 mendatang.

Padahal sang pebalap sempat mendapat tawaran dari sejumlah tim MotoGP. Akan tetapi El Diablo tetap setia kepada Yamaha, yang diduga membayarnya dengan gaji fantastis.

Menurut laporan dari Speedweek, para pengamat MotoGP memperkirakan gaji tahunan Quartararo mencapai 10 juta Euro mulai 2023. Seba tandemnya tahun lalu, Maverick Vinales, dibayar 6,5 juta Euro per tahun (Rp105 miliar) meski belum pernah mempersembahkan titel juara.

Anggota Dewan KTM, Hubert Trunkenpolz, juga mengaku mendengar kabar bahwa Quartararo digaji sejumlah 10 juta Euro tahun depan dari sumber yang terpercaya. Ia mengaku cukup terkejut karena jarang ada pabrikan yang berani merogoh kocek untuk pebalap di tengah krisis ekonomi.

"Saya juga mendengar jumlah 10 juta ini dan dari sumber yang dapat dipercaya,” ujar Trunkenpolz dikutip dari Speedweek.

“Tetapi pada awalnya saya tidak dapat membayangkan bahwa, mengingat situasi ekonomi saat ini, sebuah pabrikan masih dapat membayar biaya tersebut. Saya pikir tidak ada seorang pun di paddock ini yang mendapat lebih dari 5 atau 6 juta Euro (Rp96-113 miliar)” ia mengimbuhkan.

Kendati demikian, pada akhirnya Trunkenpolz menyadari itu merupakan strategi jitu Yamaha untuk mempertahankan Fabio Quartararo. Pemuda berusia 23 tahun tersebut pun layak mendapat bayaran tinggi karena performanya yang mengesankan.

“Strategi cerdas ini sangat masuk akal bagi Yamaha, karena dengan dia mereka menang di MotoGP. Saya pikir Fabio Quartararo adalah pebalap terbaik saat ini,” tuturnya.

“Tidak ada yang perlu didebatkan. Dia pebalap yang luar biasa,” ia menegaskan.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, yamaha, MotoGP 2022

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru