Kanal

Tanpa Topi di Olimpiade Tokyo 2020, Rory Mcllroy: Semuanya Terlalu Besar

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
30 Jul 2021, 23:30 WIB

Rory Mcllroy via GETTY

Berita Olimpiade: Topi merupakan benda yang melekat dengan pegolf asal Irlandia, Rory Mcllroy. Namun pemandangan berbeda terlihat di Olimpiade Tokyo 2020, karena ia tampil tanpa mengenakan topi sejak ronde pertama cabang golf putra di Kasumigaseki Country Club, hari Kamis (29/7).

Perihal fenomena tersebut, Mcllroy mengungkapkan bahwa topi yang dibuat untuk timnya, Irlandia, semuanya terlalu besar untuk kepalanya, sehingga ia bermain tanpa memakai topi.

Sebagaimana diketahui, pemenang PGA Tour 19 kali itu memang kerap dibuatkan topi khusus oleh sponsornya, Nike, setiap kali mengikuti event Tour regulernya. Namun untuk event tim, seperti Olimpiade, dia terpaksa bermain tanpa topi karena reguler fit mereka.

"Kepala saya sangat kecil sehingga saya harus meminta Nike untuk membuatkan saya topi khusus, jadi setiap kali saya berada di acara tim dan topi tidak khusus, semuanya terlalu besar," kata Rory Mcllroy, dikutip dari Express.

Ini bukan pertama kali Mcllroy membahas situasi bermain tanpa topi. Pada tahun 2016 dalam Q n A di akun Twitter-nya, salah seorang penggemar bertanya mengapa pemain berusia 32 tahun itu tidak menggunakan topi saat mengikuti Ryder Cup 2016 di Hazeltine National Golf Club.

Juara Open 2014 tersebut menjawab dengan mengatakan : "Saya memiliki kepala (seukuran) kacang dan topinya terlalu besar untuk saya!"

Kendati bermain tanpa topi, itu tampaknya tidak mempengaruhi performa Rory Mcllroy di Olimpiade Tokyo 2020. Melanjutkan skor 69 atau lima di bawah par yang dicetaknya pada putaran pertama, di putaran kedua, hari Jumat (30/7) ia mencatatkan skor 66 atau tujuh di bawah par untuk membawanya ke peringkat tujuh leaderboard, di trek yang benar dalam persaingan merebut medali.

Melansir Express, setelah lima par pembukaan berturut-turut, Mcllroy membuat serangakaian birdie, birdie, eagle untuk menyelesaikan sembilan lubang dengan empat di bawah. Dia kemudian melepaskan tembakan meleset pertamanya hari itu di hole 11, sebelum birdie rebound di hole 12 mengembalikan skor empat under-nya.

Sempat beristirahat selama dua jam karena permainan tertunda akibat cuaca buruk yang melanda Tokyo, pegolf nomor 13 dunia itu melanjutkan permainan dengan menambah dua birdie lagi setelah restart, sebelum bogey di lubang ke-18 untuk menyelesaikan putaran kedua di tujuh under par.

Artikel Tag: Rory McIIroy, olimpiade tokyo 2020, NIKE, Kasumigaseki Country Club

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru