Kanal

Senggol Zhou di GP Singapura, Nicholas Latifi Dapat Penalti Grid

Penulis: Abdi Ardiansyah
04 Okt 2022, 11:20 WIB

Nicholas Latifi

Berita F1: Nicholas Latifi mendapat penalti grid sebanyak lima posisi untuk GP Jepang setelah dinyatakan bersalah atas senggolan dengan Guanyu Zhou di Marina Bay Street.

Nicholas Latifi akan turun lima posisi dari hasil kualifikasinya di seri selanjutnya, GP Jepang. Itu disebabkan karena ia terbukti bersalah atas insiden kecelakaan dengan Guanyu Zhou di GP Singapura.

Ketika itu keduanya sedang bersaing untuk memperebutkan posisi yang lebih baik di barisan belakang. Mereka kemudian terlibat senggolan yang menyebabkan Zhou harus mundur dari balapan.

Sedangkan Latifi membawa mobilnya ke pit usai Williams menemukan adanya kerusakan teknis. Pebalap asal Kanada itu akhirnya juga ikut gagal finis.

Dalam tayangan ulang terlihat Zhou tengah berusaha menjauhi Latifi dan melakukan sebuah manuver di Tikungan 5 pada lap 7. Tetapi jet darat FW44 milik sang rival bergerak memotong di tikungan tersebut sehingga tabrakan tak terhindarkan. 

Usai meninjau rekaman tersebut, para steward memutuskan bahwa Nicholas Latifi adalah pihak yang bersalah. Hukuman yang dijatuhkan berupa penurunan grid sebanyak lima tempat di Suzuka dan dua poin penalti.

“Zhou tengah berusaha melewati Latifi di sebuah trek lurus di menjelang Tikungan 5 dan memiliki ruang yang cukup, serta mengambil jalur balap (racing line) normal,” tulis pernyataan resmi dari steward.

“Latifi lalu mengarahkan mobil ke kiri, sehingga menutup ruang untuk Zhou yang berujung pada benturan di antara kedua mobil.”

Penalti grid ini tentu saja menjadi pukulan keras bagi Latifi, apalagi sampai seri ke-17 F1 2022 di Singapura dirinya tak kunjung mencetak poin.

Artikel Tag: Nicholas Latifi, Guanyu Zhou, F1 2022, GP Singapura

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru