Kanal

Prestasi Fernando Alonso di F1 2023 Buktikan Usia Hanyalah Angka

Penulis: Abdi Ardiansyah
25 Nov 2023, 23:35 WIB

Fernando Alonso

Berita F1: Fernando Alonso secara mengejutkan mampu mencetak total delapan podium selama F1 2023 berjalan, sebuah pencapaian mengagumkan bagi pebalap yang tak lagi muda.

Fernando Alonso diketahui merupakan pebalap paling senior di F1 2023. Ia telah meniti karier di ajang balap kelas utama selama 21 musim dengan koleksi dua gelar juara dunia, yang semuanya diraih bersama Renault pada 2005 dan 2006.

Meski sudah menginjak usia kepala empat, tepatnya 42 tahun, Alonso seakan ‘bangkit dari kubur’. Pria asal Spanyol tersebut mampu merengkuh delapan podium dalam kejuaraan tahun ini. Bahkan, lima di antaranya diraih di enam seri awal F1 2023.

Saat ini Alonso bertengger di peringkat kelima klasemen sementara pebalap dengan mengumpulkan total 200 poin. Angka tersebut merupakan pencapaian terbaik yang pernah diraihnya setelah memutuskan kembali ke kejuaraan jet darat pada 2021. Untuk diketahui, ia sempat cuti selama dua tahun, yakni pada 2019 hingga 2020.

Di sisi lain, jelang seri penutup F1 2023 di GP Abu Dhabi, Fernando Alonso mengaku begitu puas dengan prestasinya tahun ini. Menurut sang pebalap, tahun debutnya berseragam Aston Martin merupakan musim terbaiknya selama berkarier, setara dengan keberhasilannya merebut runner-up bersama Ferrari pada 2012 silam.

“Saya sangat puas dengan penampilan saya tahun ini. Saya sebenarnya berpikir ini adalah musim terbaik saya di Formula 1, setara dengan tahun 2012 bersama Ferrari. Saya termotivasi, saya bugar, saya tampil sangat baik dalam beberapa kondisi tersulit,” tutur Alonso disadur dari Speedweek.

Lebih lanjut, rekan setim Lance Stroll itu terkejut bisa mengantarkan Aston Martin, yang merupakan tim medioker, untuk bersaing di papan atas dengan Ferrari serta Mercedes. Namun Alonso tak menampik bahwa dirinya sedikit kecewa karena sempat mengalami penurunan performa di pertengahan musim.

“Apa yang telah kami capai tahun ini sungguh luar biasa. Saya hanya melihat hal positif. Kami sangat kuat di sepertiga pertama musim ini, yang mengejutkan banyak orang. Terkadang kami mengejutkan diri kami sendiri! Tiba-tiba kami bertarung setara dengan Mercedes dan Ferrari,” ia mengatakan.

“Kemudian kita sedikit tertinggal dalam hal pengembangan. Hal ini menunjukkan bahwa kami belum beroperasi pada level teratas. Namun secara keseluruhan, ini adalah bulan-bulan yang luar biasa,” tambahnya.

“Setahun yang lalu saya tidak pernah bermimpi mencapai sesuatu seperti ini. Saya menguji Aston Martin untuk pertama kalinya hampir setahun yang lalu di sini setelah seri terakhir, dan jika seseorang memberi tahu saya betapa bagusnya kami di tahun 2023, saya tidak akan pernah mempercayainya,” Alonso mengakhiri.

Artikel Tag: Fernando Alonso, aston martin, F1 2023, Ferrari

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru