Kanal

Marc Marquez Masih di Puncak Pebalap Paling Banyak Jatuh

Penulis: Senja Hanan
04 Des 2023, 13:00 WIB

MotoGP 2023: Marc Marquez Jadi Pebalap Paling Banyak Jatuh

Berita MotoGP: Beginilah peringkat pebalap MotoGP yang terjatuh dalam hal musim gugur selama musim 2023. Adalah Marc Marquez yang berada di posisi puncak.

Puncak daftar dengan angka tertinggi baru 29 adalah Marc Marquez, meski absen tiga putaran penuh dan dua balapan Minggu berikutnya karena cedera. Rekor Marquez sebelumnya adalah 27 kali jatuh pada tahun 2017.

Posisi kedua dalam daftar adalah rekan setim baru Repsol Honda Joan Mir, yang terjatuh 24 kali meski melewatkan tiga event (jika termasuk absen setelah FP1 di Valencia) ditambah dua parsial akhir pekan lainnya.

Rekor tertinggi Mir sebelumnya adalah 12 pada musim rookie 2019, di Suzuki. Pebalap non-Honda yang paling banyak terjatuh adalah Aleix Espargaro dan rookie KTM Augusto Fernandez, dengan 23 kali.

Espargaro memulai seluruh 39 balapan tahun ini, meski mengalami cedera saat ia ditarik keluar di Qatar, dan total hanya mengalami 15 kali terjatuh selama 17 putaran hingga Sepang, ketika dia mengalami empat kecelakaan pada hari Jumat saja.

Yang paling banyak terjatuh di Ducati adalah Alex Marquez, yaitu 21 tahun, menyamai musim terakhirnya di Honda. Para pebalap Yamaha sama-sama mencatatkan satu digit, dengan Fabio Quartararo dengan 9 (tetapi masih menjadi yang terbanyak per musim) dan rekan setimnya Franco Morbidelli (sama) berada di urutan terakhir dalam daftar.

Seperti Morbidelli dan Maverick Vinales dari Aprilia, juara dunia baru Francesco Bagnaia hanya terjatuh tujuh kali musim ini. Namun dengan lima insiden yang terjadi dalam balapan, hal tersebut hampir merugikannya dalam hal perebutan gelar, yang berujung pada pertarungan putaran final dengan Jorge Martin. Peluang Martin resmi berakhir dengan terjatuh ke-16, saat ia berhadapan dengan Marc Marquez di final Valencia. ​

Artikel Tag: Marc Marquez, motogp 2023

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru