Kanal

Mane Resmi Dinobatkan Sebagai Pencetak Gol Terbanyak Senegal

Penulis: Dwi Prima
05 Jun 2022, 20:57 WIB

Sadio Mane / via Gettyimages

Berita Sepak Bola: Hat-trick Sadio Mane melawan Benin telah membuatnya melompati Henri Camara untuk menjadi pemain Senegal dengan jumlah gol tertinggi dalam sejarah sepak bola internasional.

Dalam pertandingan kualifikasi Piala Afrika 2023 melawan Benin, bintang Liverpool itu mencetak gol pada tiga kesempatan untuk menginspirasi pasukan Aliou Cisse meraih kemenangan 3-1 di Dakar dalam pertandingan Grup L.

Sebelum pertandingan, bintang Liverpool itu telah mencetak 29 gol di kancah internasional, prestasi yang juga diraih oleh Camara, yang mewakili tim Afrika Barat dari 1999 hingga 2008 dalam 99 penampilan.

Saat pertandingan hari Sabtu (04/06) yang baru berjalan 12 menit, pemain berusia 30 tahun itu membawa negaranya unggul dari titik penalti setelah wasit Alaa Sabry menilai bahwa David Kiki menyentuh bola dengan tangan di area penalti.

Sementara Benin asuhan Michel Dussuyer berharap untuk bangkit kembali, Mane menggandakan keunggulan Senegal 10 menit kemudian, memanfaatkan assist Nampalys Mendy melewati kiper Saturnin Allagbe.

Ambisi Benin untuk kembali mendapat pukulan telak, pada saat laga berjalan satu jam, Pemain Terbaik Afrika yang berkuasa menyelesaikan treble-nya melalui penalti lain. Kali ini, Allagbe yang melanggar Ismaila Sarr di dalam kotak.

Bahkan setelah banyak peluang mencetak gol, pasukan Aliou Cisse tidak dapat meningkatkan keunggulan mereka. Pada menit ke-88, The Squirrels membalaskan satu gol berkat pemain pengganti Junior Olaitan.

Ini adalah hat-trick internasional pertama mantan pemain Southampton sejak debutnya pada tahun 2012, dan yang pertama dalam pertandingan senior, tiga gol sebelumnya terjadi untuk tim Senegal U23 di turnamen Olimpiade 2012.

Artikel Tag: Sadio Mane, Senegal, Piala Afrika

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru