Kanal

LeBron James Kembali Patahkan Rekor Kareem Abdul-Jabbar Versus Sixers

Penulis: Hanif Rusli
29 Nov 2023, 03:05 WIB

LeBron James bermain selama 30 menit saat Lakers kalah 138-94 dari Philadelphia 76ers. (Foto: AP)

Tidak ada yang menghabiskan lebih banyak waktu bermain di lapangan NBA daripada LeBron James. Hanya saja James mencatatkan rekor tersebut dalam kekalahan paling telak dalam kariernya.

LeBron James menjadi pemimpin sepanjang masa NBA dalam hal menit bermain saat Los Angeles Lakers kalah 138-94 dari Philadelphia 76ers pada hari Senin (27/11) lalu. Dengan memperhitungkan pertandingan musim reguler dan playoff, James kini telah memainkan 66.319 menit dalam kariernya, melewati total 66.297 menit milik Kareem Abdul-Jabbar.

Total 30 menit James melawan Sixers mungkin terasa lebih lama dari biasanya, namun, dengan Philadelphia mengungguli LA dengan 30 poin selama bintang berusia 38 tahun itu bermain.

"Itu tidak berarti banyak bagi saya," kata LeBron James ketika ditanya tentang jumlah menitnya.

Kekalahan 44 poin - kekalahan terbesar dalam 21 tahun karier LeBron James dan terbesar kelima dalam sejarah Lakers - jauh lebih menekan.

LeBron James dan para pemain inti Los Angeles lainnya ditarik keluar dengan 8:18 tersisa di kuarter keempat dan Lakers sudah tertinggal 27 poin. James ditanya apakah dia telah memikirkan apa yang perlu diubah dengan timnya - yang sekarang mengukir rekor 3-6 dalam laga tandang dan 10-8 secara keseluruhan - untuk menghindari kekalahan seperti hari Senin ke depannya.

"Apa yang perlu diubah agar hal itu tidak terjadi lagi? Um, banyak," kata James.

Ketika ditanya apakah ada hal tertentu yang perlu difokuskan oleh LA, LeBron James mengulangi: "Tidak. Banyak sekali."

Lakers tertinggal 32-19 di akhir kuarter pertama, menggali lubang yang terlalu familiar di awal pertandingan dan coba keluar darinya di sisa pertandingan.

"Rasanya seperti kami tidak kompak," ujar big man Lakers, Anthony Davis. "Banyak tembakan cepat, tembakan satu operan, tembakan tanpa operan. Mereka mulai membuat banyak tembakan. Dan ketika keunggulan mereka sedikit terbuka - 15, 20, 25 - saya pikir kami semua mencoba menjadi pahlawan untuk membuat tim bangkit daripada hanya bertahan."

Sixers melesakkan 22 lemparan tiga angka, terbaik musim ini, dari 46 percobaan (47,8%). LA, sementara itu, hanya memasukkan tujuh dari 25 (25%) tembakan.

"Kami terbunuh di garis lemparan tiga angka hari ini," kata James dengan jujur.

Guard Lakers, Austin Reaves, juga kurang lebih sama dalam menjelaskan apa yang salah.

"Maksud saya, mereka melakukan banyak lemparan 3 angka, kami tidak, dan mereka mengalahkan kami," kata Reaves. "Jadi, saya tidak tahu. Kembali dan saksikan lagi rekaman pertandingan ini dan menjadi lebih baik."

Davis mengatakan bahwa tim harus "menghapus" hasil tersebut dari ingatannya - menunjukkan bahwa mereka akan menjalani laga beruntun melawan Detroit Pistons pada hari Rabu (29/11) dan Oklahoma City Thunder pada hari Kamis (30/11) sebelum pulang ke rumah - tetapi setuju dengan Reaves bahwa sesi film menyeluruh akan membantu untuk memeriksa kekalahan tersebut.

"Kita harus melihatnya, menerimanya," kata Davis. "Orang-orang tidak menganggapnya sebagai masalah pribadi atas apa pun yang dikatakan dalam film, dan kemudian melanjutkannya."

Sesi film reguler menjadi bagian dari kesuksesan Lakers di bawah pelatih sebelumnya, Frank Vogel, namun terkadang terasa bergejolak ketika seorang pemain atau beberapa pemain menganggap instruksi tersebut sebagai sebuah serangan dan bukan sebagai momen pembelajaran.

"Anda duduk di sana dan menonton film ... itu juga di depan seluruh tim, staf pelatih," kata Davis. "Saya rasa tidak ada pemain yang mungkin akan tersinggung. Namun, jika mereka melakukannya, mungkin lain ceritanya."

Philadelphia dipimpin oleh juara bertahan MVP Joel Embiid, yang mencatatkan triple-double dengan 30 poin, 11 rebound dan 11 assist, dan mendapatkan 31 poin dan delapan assist dari guard tahun keempat Tyrese Maxey.

Sementara beberapa pemain Lakers menyebutkan absennya beberapa pemain yang cedera sebagai sebabnya - Jarred Vanderbilt (tumit), Gabe Vincent (lutut), Cam Reddish (pangkal paha) dan Rui Hachimura (patah tulang hidung) tidak dapat bermain melawan Philadelphia - ada sentimen yang sama bahwa apa yang dikerahkan LA pada hari Senin tidak cukup baik.

Dan untuk tim Lakers yang baru saja tampil di final Wilayah Barat dan berharap untuk mengambil langkah selanjutnya musim ini, itu menjadi pengingat bahwa mereka belum terlihat seperti kompetitor sejauh ini.

"Mereka memiliki aspirasi untuk menjadi juara," kata pelatih Lakers, Darvin Ham, tentang Sixers. "Begitu juga kami. Namun dalam jangka pendek, semangat kompetitif Anda harus berada pada level yang tinggi."

Ketika LeBron James ditanya bagaimana sebuah tim harus menanggapi kekalahan telak seperti yang dialami Lakers di Philadelphia, ia memberikan pengakuan pribadi dan bukannya instruksi kelompok.

"Saya tidak tahu bagaimana sebuah tim [seharusnya]," katanya. "Saya hanya bisa berbicara untuk diri saya sendiri. ... Saya tidak menyukainya."

Artikel Tag: LeBron james

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru