Kanal

Inilah 10 Pebalap F1 Dengan Penghasilan Terbesar Musim Ini Versi Forbes

Penulis: Ezi Yulia
30 Nov 2023, 12:00 WIB

Max Verstappen, Lewis Hamilton, dan Fernando Alonso menjadi tiga pebalap F1 dengan penghasilan tertinggi versi Forbes (Foto: Marca)

Berita F1: Selain nyaris tak terkalahkan di lintasan balap, Max Verstappen juga berada di puncak daftar penghasilan tertinggi 10 pebalap F1 versi Forbes.

Pebalap Red Bull Max Verstappen baru saja menyelesaikan musim yang paling dominan dalam sejarah Formula 1, dengan meraih rekor 19 kemenangan (dalam 22 balapan) dan mengunci gelar juara dunia pada 7 Oktober lalu. Tidak mengherankan jika dia juga menjadi juara dalam hal penghasilan, dengan perkiraan gaji dan bonus sebesar 70 juta dolar AS (sekitar 1 triliun rupiah) tahun ini, tertinggi di antara semua pebalap F1.

Max Verstappen menjadi yang teratas untuk musim kedua berturut-turut, mengungguli Lewis Hamilton dari Mercedes, yang menghasilkan sekitar 55 juta dolar AS di lintasan pada 2023 dan telah selama satu dekade menjadi pebalap dengan bayaran tertinggi dalam peringkat pendapatan atlet tahunan Forbes.

Secara keseluruhan, 10 pebalap dengan bayaran tertinggi di F1 mengumpulkan sekitar 258 juta dolar AS sebelum pajak pada 2023, turun tipis dari 2022 yang mencapai 264 juta dolar AS.

Tidak seperti daftar pendapatan Forbes untuk, misalnya, sepak bola atau NBA, peringkat pebalap F1 tidak termasuk pendapatan dari usaha bisnis seperti sponsor, jadi hanya berfokus pada gaji dan bonus.

Namun, terlepas dari kurangnya kesepakatan sponsor, para pebalap F1 adalah bintang global yang bonafid, dan semakin relevan di Amerika Serikat, di mana film dokumenter Netflix Drive to Survive telah menarik banyak penggemar. Dengan minat baru, dan masuknya sponsor baru, Forbes pada Juli memperkirakan bahwa 10 tim F1 akan memperoleh pendapatan rata-rata 380 juta dolar AS tahun ini, naik dari 220 juta dolar AS pada 2018.

Pada saat yang sama, batas biaya yang diperkenalkan pada 2021 membatasi pengeluaran tim di area-area utama, kurang dari 140 juta dolar AS pada 2023, dengan tujuan menciptakan keseimbangan yang lebih besar antara tim-tim besar seperti Ferrari, Mercedes, dan Red Bull dengan tim-tim kecil seperti Alfa Romeo, Haas, dan Williams. Untuk saat ini, gaji pebalap tidak termasuk dalam perhitungan batasan, sehingga pemilik tim memiliki satu area penting di mana mereka dapat terus menghamburkan uang mereka.

"Jelas itu adalah pembeda besar saat ini, bahwa tim-tim besar dapat menawarkan gaji yang jauh lebih besar kepada para pebalap," kata kepala tim Mercedes, Toto Wolff, kepada Forbes di Grand Prix Amerika Serikat bulan lalu.

Inilah 10 pebalap F1 dengan penghasilan terbesar:

  1. Max Verstappen: 70 juta dolar AS (gaji: 45 juta dolar AS, bonus: 25 juta dolar AS)
  2. Lewis Hamilton: 55 juta dolar AS (gaji: 55 juta dolar AS, bonus: 0)
  3. Fernando Alonso: 34 juta AS (gaji: 24 juta dolar AS, bonus: 10 juta dolar AS)
  4. Sergio Perez: 26 juta dolar AS (gaji: 10 juta dolar AS, bonus: 16 juta dolar AS)
  5. Charles Leclerc: 19 juta dolar AS (gaji: 14 juta dolar AS, bonus: 5 juta dolar AS)
  6. Lando Norris: 15 juta dolar AS (gaji: 5 juta dolar AS, bonus: 10 juta dolar AS)
  7. Carlos Sainz: 14 juta dolar AS (gaji: 8 juta dolar AS, bonus: 6 juta dolar AS)
  8. George Russell: 9 juta dolar AS (gaji: 4 juta dolar AS, bonus: 5 juta dolar AS)
  9. Pierre Gasly:  8 juta dolar AS (gaji: 5 juta dolar AS, bonus: 3 juta dolar AS)
  10. Oscar Piastri: 8 juta dolar AS (gaji: 3 juta dolar AS, bonus: 5 juta dolar AS)

(aw)

Artikel Tag: Max Verstappen, Lewis Hamilton, Fernando Alonso

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru